EFEKTIVITAS PHOTOPERIOD YANG BERBEDA TERHADAP KINERJA PERTUMBUHAN BENIH LOBSTER AIR TAWAR (CHERAX QUADRICARINATUS) YANG DIPELIHARA PADA ALKALINITAS 80 MG/L

Mudzakir abdilla nasution (2024), EFEKTIVITAS PHOTOPERIOD YANG BERBEDA TERHADAP KINERJA PERTUMBUHAN BENIH LOBSTER AIR TAWAR (CHERAX QUADRICARINATUS) YANG DIPELIHARA PADA ALKALINITAS 80 MG/L . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Lobster air tawar merupakan salah satu komoditas crustacea konsumsi yang belum banyak dikenal oleh kalangan masyarakat saat ini. Lobster air tawar dapat ditemukan hidup di danau, rawa, atau sungai. Lobster air tawar memiliki nilai harga jual yang tinggi dipasaran. Tingginya harga lobster air tawar berkaitan dengan tingginya permintaan pasar baik secara lokal maupun luar negeri dan sedikitnya pembudidaya lobster air tawar saat ini. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut maka lobster air tawar sudah dilakukan budidaya secara instensif. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan hidup lobster air tawar dengan menggunakan metode perbedaan waktu photoperiod. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober hingga 20 November 2022 di Laboratorium Percobaan Prodi Akuakulrur Fakultas Pertanian. Penelitian dilakukan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan yang diulang sebanyak 3 ulangan. Penelitian menunjukkan perbedaan antar setiap waktu photoperiod secara nyata terhadap pertumbuhan bobot mutlak, panjang mutlak, persentase molting, laju pertumbuhan harian, dan kelangsungan hidup lobster air tawar (C. quadricarinatus). Perlakuan waktu photoperiod yang berbeda menunjukkan hasil terbaik diperoleh pada perlakuan P2 dengan waktu photoperiod (16G:8T) dan paling rendah pada perlakuan 3 (21G:3T). Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan, penggunaan waktu photoperiod (16G:8T) efektif untuk meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan hidup lobster air tawar (C.quadricarinatus).

Kata kunci : Photoperiod, lobster air tawar, kelangsungan hidup, pertumbuhan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mudzakir abdilla nasution
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2024)
Tanggal disimpan : 09-11-2023 12:51
Terakhir diubah : 14-11-2023 11:21
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4926
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!