PEMILIHAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERUPUK DENGAN PENDEKATAN SWOT ( STRENGHTS, WEAKNESS, OPPORTUNITIES, THREATS) DAN ANP (ANALYTICAL NETWORK PROCESS) UNTUK MENINGKATKAN PROFIT

Antika Yuspita Ningrum (2023), PEMILIHAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERUPUK DENGAN PENDEKATAN SWOT ( STRENGHTS, WEAKNESS, OPPORTUNITIES, THREATS) DAN ANP (ANALYTICAL NETWORK PROCESS) UNTUK MENINGKATKAN PROFIT . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Usaha Tiara Kerupuk Merah merupakan salah satu UMKM (Usaha Mikro  Kecil dan Menengah) yang bergerak dibidang industri pangan yang dikelola oleh Ibu Ani sejak tahun 2020. Usaha Tiara Kerupuk Merah masih tergolong baru dan  masih memerlukan suatu pengembangan. Permasalahan yang ada yaitu jumlah  produksi masih sedikit sehingga belum bisa memenuhi permintaan yang ada. Hal ini disebabkan karena terbatasnya sumber daya manusia dan fasilitas produksi  yang masih kurang optimal. Dari permasalahan yang ada membuat Usaha Tiara  Kerupuk Merah memerlukan strategi untuk bisa mengatasi suatu permasalahan dan proses pengembangan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi dalam pengembangan Usaha Tiara Kerupuk Merah. Metode yang digunakan adalah SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, Threats) dan ANP (Analytical Network Process). SWOT digunakan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal dari suatu usaha hingga dapat merumuskan suatu strategi, sedangkan ANP digunakan untuk menentukan strategi yang menjadi prioritas dalam pengembangan usaha. Hasil penelitian dari analisis SWOT yaitu terdapat 6 (enam) strategi alternatif yaitu : (1) Menjadi pemasok yang unggul bagi industri rumah makan, (2) Membuka cabang di lokasi/daerah lain, (3) Mengoptimalkan SDM dan fasilitas untuk memenuhi pesanan, (4) Menjelaskan produk untuk disalurkan ke supermarket, (5) menyampaikan atau menjual produk melalui online, dan (6) Meningkatkan kualitas untuk menghadapi pesaing baru. Perhitungan ANP yang menjadi strategi prioritas adalah alternatif kedua dengan nilai limit (0,057) yaitu membuka cabang di lokasi/daerah lain, strategi prioritas kedua adalah alternatif pertama dengan nilai limit (0,036) yaitu menjadi pemasok unggulan bagi industri rumah makan, dan strategi prioritas ketiga adalah alternatif keempat dengan nilai limit (0,025) yaitu mengembangkan produk untuk disalurkan ke supermarket.

Kata kunci : UMKM, Strategi, Pengembangan Usaha, SWOT, ANP.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Antika Yuspita Ningrum
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 07-11-2023 11:21
Terakhir diubah : 17-01-2024 15:49
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4916
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!