PENGARUH LITERASI ZAKAT, RELIGIUSITAS, DAN REGULASI TERHADAP MINAT MUZZAKI MEMBAYAR ZAKAT MELALUI BAITUL MAL ACEH TAMIANG

Tri Aulia (2023), PENGARUH LITERASI ZAKAT, RELIGIUSITAS, DAN REGULASI TERHADAP MINAT MUZZAKI MEMBAYAR ZAKAT MELALUI BAITUL MAL ACEH TAMIANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk membahas kesenjangan yang sangat tinggi antara potensi zakat dan penerimaan zakat. Meskipun dana zakat yang terkumpul di Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya mulai dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2021 tetapi masih sangat jauh dari potensi zakat yang terdapat di Kabupaten Aceh Tamiang. Hal tersebut menunjukan bahwa minat muzakki untuk membayar zakat  di Kabupaten Aceh Tamiang masih rendah sehingga menjadi penyebab ketimpangan antara besaran potensi zakat dan penerimaan zakat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi zakat, religiusitas, dan regulasi terhadap minat muzzaki membayar zakat melalui Baitul Mal Aceh Tamiang. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Penelitian ini menggunakan penarikan sampel probability sampling dengan cara cluster sampling. Sampel yang digunakan adalah muzakki pada 12 kecamatan pada Kabupaten Aceh Tamiang sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesa (uji t, uji F dan R). Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen yaitu literasi zakat, religiusitas, dan regulasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat muzzaki membayar zakat melalui Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa literasi zakat, religiusitas, dan regulasi secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap minat muzzaki membayar zakat melalui Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang.

Kata kunci : Literasi Zakat, Regulasi, Minat Muzakki, Religiusitas, Zakat

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Tri Aulia
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2023)
Tanggal disimpan : 06-11-2023 10:01
Terakhir diubah : 06-11-2023 11:24
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4903
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!