PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO KLIP BERBASIS CANVA BERMUATAN CRITICAL THINKING PADA MATERI KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA DI LABORATORIUM

Riska Tri Adella (2023), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO KLIP BERBASIS CANVA BERMUATAN CRITICAL THINKING PADA MATERI KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA DI LABORATORIUM. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pengembangan media pembelajaran video klip berbasis canva bermuatan critical thinking pada materi keselamatan dan keamanan kerja di laboratorium bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk atau media pembelajaran yang dapat membantu proses belajar mengajar. Materi keselamatan dan keamanan kerja di laboratorium sangat penting untuk dipelajari karena pembelajaran kimia adalah materi yang banyak sekali menggunakan laboratorium sebagai tempat eksperimen. Materi ini dipelajari untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Berdasarkan hasil observasi awal di SMA Negeri 2 Tamiang Hulu penggunaan media video klip sangat dibutuhkan untuk menaikkan motivasi belajar peserta didik. Rancangan penelitian ini menggunakan riset and development (R&D) dengan model ADDIE dan mengumpulkan data dengan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan untuk angket kebutuhan mendapatkan skor sebanyak 100% dengan kriteria “sangat dibutuhkan”. Angket kelayakan dari 2 validator mendapat skor rata-rata sebanyak 91,25% kriteria ”sangat layak”. Angket kepraktisan mendapatkan skor 86,6% kriteria “sangat praktis”. Angket kemenarikan mendapatkan skor 88,28% dengan kriteria “sangat menarik”.

Kata kunci : Penelitian dan pengembangan, media pembelajaran, laboratorium

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Riska Tri Adella
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2023)
Tanggal disimpan : 03-11-2023 19:52
Terakhir diubah : 25-03-2024 11:32
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4901
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!