RANCANG BANGUN DAN UNJUK KERJA PEMANAS AIR TENAGA SURYA SKALA RUMAH TANGGA MENGGUNAKAN KOLEKTOR SURYA PIPA PARALEL SISTEM VAKUM

Swandi Partahian Pakpahan (2023), RANCANG BANGUN DAN UNJUK KERJA PEMANAS AIR TENAGA SURYA SKALA RUMAH TANGGA MENGGUNAKAN KOLEKTOR SURYA PIPA PARALEL SISTEM VAKUM . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan cuaca dingin di beberapa tempat di Indonesia. Dimana Indonesia merupakan negara yang terletak di garis khatulistiwa dengan iklim tropis. Beberapa daerah terletak di daerah pegunungan yang mempunyai suhu panas dan dingin berlebih, kondisi ini sangat mempengaruhi kebutuhan masyarakat akan air panas untuk mengatasi cuaca dingin dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pemanas air tenaga surya bisa dikatakan cocok digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Karena panas matahari dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan air panas, selain itu penggunaannya juga praktis dan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pemanas air tenaga surya skala rumah tangga dengan menggunakan sistem kolektor vakum. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil pengujian dan pengumpulan data kinerja alat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pemanas air tenaga surya sangat efektif dalam menghasilkan air panas untuk mengatasi permasalahan cuaca dingin. Terlihat rata-rata hasil pengujian dan pengumpulan data adalah 50C dengan kategori suhu air tertinggi dihasilkan oleh pemanas air tenaga surya menggunakan kolektor sistem vakum. Hasil perhitungan kinerja alat ini menghasilkan efisiensi alat sebesar 17,81%. Sehingga disimpulkan penerapan media pemanas air tenaga surya menggunakan sistem kolektor vakum sangat efektif di wilayah tropis Indonesia.

Kata kunci : Pemanas air tenaga surya, energi surya, thermosifon, kolektor plat datar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Swandi Partahian Pakpahan
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Mesin (2023)
Tanggal disimpan : 01-11-2023 15:42
Terakhir diubah : 13-12-2023 13:18
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4897
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!