PENGARUH DOSIS EKSTRAK DAUN SIRIH (PIPER BETLE L.)TERHADAP PENINGKATAN DAN KEBERHASILAN DAYA TETAS TELUR IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO) YANG DI TETASKAN PADA SUHU 28⁰C

Yossy Amanda Pakpahan (2024), PENGARUH DOSIS EKSTRAK DAUN SIRIH (PIPER BETLE L.)TERHADAP PENINGKATAN DAN KEBERHASILAN DAYA TETAS TELUR IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO) YANG DI TETASKAN PADA SUHU 28⁰C . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan mas (Cyprinus carpio) salah satu primadona dari zona perikanan air  tawar. Di pasaran ikan ini mempunyai nilai murah besar serta jumlah permintaan yang   lumayan tinggi paling utama di pasar lokal dalam Indonesia. Tingginya permintaan ikan mas sebagai keperluan mengkonsumsi. Salah satu upaya untuk meningkatkan produksi ikan mas dalam rangka pemenuhan permintaan pasar yaitu dengan  melakukan pengembangan usaha budidaya ikan mas. Telur yang tidak terbuahi sering kali diserang oleh mikroba atau organisme penyebab penyakit yang membuat telur tidak menetas dan upaya yang dilakukan adalah memberantas mikroba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis ekstrak daun sirih yang tepat dalam menungkatkan daya tetas telur dan kelangsungan hidup larva ikan mas. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang tediri dari 4 perlakuan dengan 3 ulangan. Perlakuan ini dengan memberikan dosis ekstrak daun sirih yang berbeda yaitu kontrol (P1), 1,25ml (P2), 1,50ml (P3), 1,75ml (P4). Parameter penelitian yang diamati merupakan Persentase Daya Tetas Telur, Abnormlitas dan Tingkat Kelangsungan Hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun sirih berpengaruh nyata pada daya tetas telur dan tingkat kelangsungan hidup  ikan mas. Sedangkan pada Abnormalitas larva ikan mas ekstrak daun sirih tidakberpengaruh nyata. Persentase daya tetas telur tertinggi yaitu P2 sebesar 60%, persentase Abnomalitas larva terbaik di peroleh pada P1 yaitu 0%, dan persentasi tingkat kelangsungan hidup tertinggi yaitu pada P2 yaitu 95,25%.

Kata kunci : abnormalitas, daya tetas telur, ekstrak daun sirih, ikan mas

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Yossy Amanda Pakpahan
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2024)
Tanggal disimpan : 26-10-2023 11:44
Terakhir diubah : 26-10-2023 12:23
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4849
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!