PEMIKIRAN SURASTRI KARMA TRIMURTI TENTANG EMANSIPASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERAN PEREMPUAN DALAM PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA TAHUN 1933-1945

Mahirah (2024), PEMIKIRAN SURASTRI KARMA TRIMURTI TENTANG EMANSIPASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERAN PEREMPUAN DALAM PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA TAHUN 1933-1945 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

 Surastri Karma Trimurti  adalah seorang tokoh pejuang perempuan yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa dan negaranya serta kaum perempuan, ia berjuang dengan menggunakan tuklisan dan perjuangannya ini dipengaruhi oleh tokoh-tokoh lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pemikiran Surastri Karma Trimurti tentang emansipasi dan pengaruhnya terhadap peran perempuan dalam pergerakan nasional Indonesia tahun 1933-1945. Penelitian ini juga dilakukan dengan metode historis, yang menggunakan empat langkah, yaitu:  heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah dapat diketahui bahwa: (1) latar belakang kehidupan Surastri Karma Trimurti yang berisikan tentang a) biografi Surastri Karma Trimurti terkait kehidupan yang dijalani mulai dari masa kanak-kanak, masa remaja, masa dewasa, dan jenjang karir serta akhir hidupnya. Sehingga menimbulkan pemikirannya yang tajam dan kritis untuk mencapai kemerdekaan atas bangsa dan negara serta kaum perempuan di Indonesia. (2) penyebab timbulnya pemikiran Surastri Karma Trimurti tentang emansipasi yang terdiri atas tiga faktor, yaitu a) faktor sosialkultural, b) faktor pendidikan dan c) faktor politik. (3) pengaruh pemikiran Surastri Karma Trimurti tentang emansipasi terhadap peran perempuan dalam pergerakan nasional Indonesia Tahun 1933-1945, yakni ketika a) perempuan mulai aktif dalam berorganisasi, b) aktif dalam berpolitik dan c) perempuan berperan dalam media. Saran dari peneliti, semoga pengkajian semacam ini dapat terus dikembangkan oleh rekan-rekan yang lain sehingga banyak orang akan lebih mengetahui sesuatu yang belum mereka ketahui dengan mengungkapkan tokoh-tokoh pejuang nasional lainnya, serta lembaga yang bersangkutan menambah koleksi peninggalan sejarah tentang hal tersebut. 

Kata kunci : Pemikiran, Surastri Karma Trimurti, Emansipasi, dan Pergerakan Nasional Indonesia.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mahirah
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2024)
Tanggal disimpan : 26-10-2023 10:59
Terakhir diubah : 26-10-2023 11:50
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4847
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!