EFEKTIVITAS PEMBERIAN ASTAXANTHIN PADA DAPHNIA SP. DENGAN DOSIS BERBEDA TERHADAP KECERAHAN WARNA DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN MASKOKI (CARASSIUS SP.)

Sarma Octaviani Nainggolan (2024), EFEKTIVITAS PEMBERIAN ASTAXANTHIN PADA DAPHNIA SP. DENGAN DOSIS BERBEDA TERHADAP KECERAHAN WARNA DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN MASKOKI (CARASSIUS SP.). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan maskoki (Carrassius sp.) adalah salah satu jenis ikan hias dengan variasi warna yang menarik. Warna merupakan salah satu alasan ikan hias diminati oleh masyarakat, sehingga pembudidaya perlu meningkatkan kualitas warna pada ikan hias. Untuk meningkatkan kecerahan warna pada benih ikan maskoki diperlukan penambahan zat karotenoid pada pakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dosis astaxanthin yang terbaik untuk peningkatan kecerahan warna pada benih ikan maskoki (Carassius sp.). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah RAL dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan yaitu P1 (0,00 g/30 ml), P2 (0,20 g/30 ml), P3 (0,30 g/30 ml), P4 (0,50 g/30 ml). Parameter yang diamati selama penelitian yaitu tingkat kecerahan warna ikan, pertumbuhan panjang mutlak, pertumbuhan bobot mutlak, tingkat kelangsungan hidup, dan kualitas air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian astaxanthin pada Daphnia sp. berpengaruh nyata terhadap peningkatan kecerahan warna, namun tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan panjang, bobot, dan tingkat kelangsungan hidup benih ikan maskoki (Carassius sp.).

Kata kunci : Ikan maskoki, astaxanthin, Daphnia sp., kecerahan warna

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sarma Octaviani Nainggolan
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2024)
Tanggal disimpan : 26-10-2023 10:38
Terakhir diubah : 31-10-2023 12:47
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4844
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!