PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KARO UNTUK SEKOLAH DASAR

Hermawati (2023), PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KARO UNTUK SEKOLAH DASAR . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Adanya upaya untuk mencapai hasil optimal dalam kegiatan belajar mengajar dengan mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) juga dapat untuk memfasilitasi guru dalam menumbuhkan proses belajar mengajar yang sesuai dengan karakteristik dan juga lingkungan siswa. Oleh karena itu Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis kearifan lokal masyarakat karo untuk siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah  Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Namun,desain pengembangan lembar kerja peserta didik ( LKPD ) ini hanya meliputi tiga Langkah yang terdiri dari define, design, dan develop. Dari hasil pengembangan ini bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut berdasarkan hasil pada penilaian ahli bahwa lembar kerja peserta didik ( LKPD) tersebut telah layak diuji cobakan dengan dibuktikan dari hasil validasi ahli materi,ahli media, dan ahli Bahasa. Hasil validasi ahli materi dapat skor  rata-rata 100% dengan kategori sangat valid, hasil validasi ahli media mendapatkan skor rata-rata 92% dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi ahli Bahasa mendapatkan skor 94% dengan kategori sangat valid.


 


 

Kata kunci : Pengembangan, Kearifan local dan Lembar Kerja Peserta Didik

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Hermawati
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 25-10-2023 16:52
Terakhir diubah : 29-11-2023 11:53
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4834
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!