PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, TERHADAP KINERJA UMKM DENGAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA BPUM SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI ACEH TAMIANG

Indah suci rahmadani (2023), PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, TERHADAP KINERJA UMKM DENGAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA BPUM SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI ACEH TAMIANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan kompetensi sumber daya manusia terhadap efektivitas penggunaan dana BPUM sebagai variabel moderasi di aceh tamiang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM di Kota Kuala Simpang. Keseluruhan pelaku UMKM dijadikan sampel yang diambil dengan menggunakan rumus slovin dengan total 94 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan dengan menggunakan alat ukur berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menemukan bahwa secara parsial literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja umkm, kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja umkm, efektivitas penggunaan dana bpum tidak berpengaruh terhadap kinerja umkm, efektivitas penggunaan dana bpum memperkuat hubungan antara literasi keuangan terhadap kinerja umkm, efektivitas penggunaan dana bpum memperkuat hubungan antara kompetensi sumber daya manusia terhadap kinerja umkm.

Kata kunci : Literasi Keuangan, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Efektivitas Penggunaan Dana BPUM, Kinerja UMKM

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Indah suci rahmadani
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2023)
Tanggal disimpan : 25-10-2023 15:09
Terakhir diubah : 25-10-2023 17:19
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4829
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!