PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DARI AMPAS DAUN GAMBIR (UNCARIA GAMBIR ROXB) MENGGUNAKAN VARIASI KONSENTRASI EM-4 SEBAGAI AKTIVATOR

Sahniati Silalahi (2023), PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DARI AMPAS DAUN GAMBIR (UNCARIA GAMBIR ROXB) MENGGUNAKAN VARIASI KONSENTRASI EM-4 SEBAGAI AKTIVATOR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

U. gambir Roxb merupakan salah satu tanaman perdu yang memiliki nilai ekonomi tinggi pada ekstrak daun dan rantingnya. Dalam budidaya tanaman U. gambir Roxb ampas hasil pengolahannya belum termanfaatkan secara optimal, padahal limbah hasil pengolahan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan pupuk organik dalam bentuk kompos dengan menggunakan bantuan EM-4 sebagai aktivator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pembuatan dan kadar nitrogen, fosfor dan kalium dari pupuk organik ampas daun U. gambir Roxb. Metode penelitian ini meliputi analisis kadar nitrogen dengan metode Kjedahl, analisis kadar fosfor menggunakan spektrofotometri UV-Vis dan analisis kadar kalium menggunakan spektrofotometri serapan atom (SSA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa total penambahan nitrogen, fosfor dan kalium dari pupuk organik yang dihasilkan pada variasi konsentrasi 5 ml, 10 ml dan 15 ml EM-4 tidak sesuai dengan SNI. Total penambahan nitrogen, fosfor dan kalium pada ketiga variasi konsentrasi berturut-turut adalah 0,86855%, 0,82841%, dan 0,84788%, sedangkan syarat mutu total penambahan nitrogen, fosfor dan kalium pupuk organik padat menurut SNI 7763 : 2018 adalah minimal 2%.

Kata kunci : U. gambir Roxb, Nitrogen, Fosfor, Kalium, Pupuk Organik, EM-4

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sahniati Silalahi
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Kimia (2023)
Tanggal disimpan : 25-10-2023 15:05
Terakhir diubah : 25-10-2023 16:10
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4828
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!