ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH TERHADAP ASET TETAP PADA KANTOR BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (BPKD) KABUPATEN ACEH TAMIANG

Malisa (2023), ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH TERHADAP ASET TETAP PADA KANTOR BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (BPKD) KABUPATEN ACEH TAMIANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Aset tetap adalah aset berwujud yang mempunyai masa manfaat lebih dari 12 (dua belas) bulan untuk digunakan dalam kegiatan pemerintah atau dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan standar akuntansi pemerintah terhadap aset tetap pada Kantor Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Aceh Tamiang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan penelitian lapangan. Metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan standar akuntansi pemerintah terhadap aset tetap pada Kantor Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Aceh Tamiang sebagian tidak berjalan sesuai dengan pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah Nomor 07. Untuk klasifikasi aset tetap, pengakuan aset tetap, pengukuran/penilaian aset tetap sudah dikategorikan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah Nomor 07 Tahun 2010. Namun untuk penyajian aset tetap sudah sesuai dengan pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah Nomor 07 Tahun 2010, tetapi penerapannya masih belum sesuai. Dan untuk penyusutan aset tetap belum sesuai dengan pernyataan standar akuntansi pemerintah Nomor 07 Tahun 2010.

Kata kunci : Aset tetap, PSAP Nomor 07

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Malisa
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2023)
Tanggal disimpan : 25-10-2023 14:26
Terakhir diubah : 18-12-2023 12:01
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4822
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!