ANALISIS PERBAIKAN HARGA JUAL MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (ABC) UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING (STUDI KASUS: UKM KOPI BUBUK GUNPAS DESA PANTI, KECAMATAN PANTI, KABUPATEN PASAMAN)

Windi Yardiani (2023), ANALISIS PERBAIKAN HARGA JUAL MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (ABC) UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING (STUDI KASUS: UKM KOPI BUBUK GUNPAS DESA PANTI, KECAMATAN PANTI, KABUPATEN PASAMAN) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

UKM kopi bubuk gunpas merupakan sebuah usaha yang bergerak dalam pengolahan kopi bubuk di desa Panti tepatnya di Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat. UKM kopi bubuk gunpas memproduksi kopi bubuk jenis premium, GP 1 dan GP 2. Perusahaan ini memiliki masalah dalam penentuan harga pokok produksi yang masih menggunakan metode tradisional dianggap kurang tepat karena ada beberapa biaya yang tidak dihitung seperti biaya penyusutan (depresiasi) dan biaya setiap aktivitas yang dilakukan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi biaya aktivitas produksi mengunakan metode activity based costing dan untuk menghitung harga pokok produksi menggunakan metode activity based costing. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Activity Based Costing. Hasil penelitian yang diperoleh aktivitas produksi di kelompokkan menjadi kegiatan primer dan kegiatan sekunder. Biaya kegiatan primer adalah Rp. 469.055.429 dan kegiatan sekunder Rp. 41.680.000. Hasil perhitungan dari metode ABC harga pokok produksi premium Rp. 51.278, GP 1 Rp. 37.797, GP 2 Rp. 38.097.

Kata kunci : Kegiatan Primer, Kegiatan Sekunder, Activity Based Costing, Harga Pokok Produksi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Windi Yardiani
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 19-10-2023 20:16
Terakhir diubah : 20-10-2023 17:08
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4806
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!