REDESAIN ALAT PENANAM PADI ERGONOMIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN ERGONOMI (STUDI KASUS : PERSAWAHAN MASYARAKAT DESA PAHLAWAN, KECAMATAN KARANG BARU, ACEH TAMIANG)

Muhammad Fanny Irwanda (2023), REDESAIN ALAT PENANAM PADI ERGONOMIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN ERGONOMI (STUDI KASUS : PERSAWAHAN MASYARAKAT DESA PAHLAWAN, KECAMATAN KARANG BARU, ACEH TAMIANG) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Petani dalam pekerjaan menanam padi selalu dengan postur tubuh membungkuk sehingga menyebabkan keluhan Mosculuscelental Disorders hal ini merupakan permasalahan dalam penelitian. Tujuan dari penelitian mengidentifikasi keluhan Mosculoscelental Disorders petani pada saat menanam padi, menentukan dimensi alat ergonomis untuk petani pada saat menanam padi. Metode penelitian yaitu, Standard Nordic Questionnaire digunakan untuk menentukan titik keluhan pada petani. Antropometri dan Persentil digunakan untuk merancang alat. Hasil dan pembahasan, Standartd Nordiq Quesioniere ditemukan bahwa petani mengalami keluhan sangat sakit lebih dari 50 % terjadi pada bagian pinggang, betis kiri, betis kanan, pergelangan kaki kiri, pergelangan kaki kanan, kaki kiri dan kaki kanan. Delapan dimensi antropometri yang digunakan dalam perancangan yaitu dimensi Tinggi Siku Berdiri, Panjang Telapak Tangan, Lebar Telapak Tangan, Panjang Jari Tengah, Lebar Bahu, Tebal Badan, Panjang Lengan Atas, Panjang Tangan. Seluruh dimensi antropometri dinyatakan seragam, pada uji kecukupan data dinyatakan valid, dan uji kenormalan seluruh data dinyatakan berdistribusi normal. Persentil 5 digunakan untuk 3 dimensi dan persentil 95 digunakan untuk 5 dimensi. Kesimpulan, keluhan Mosculuscelental Disorders diidentifikasikan sangat sakit terletak pada titik keluhan pinggang. Alat bantu tanam padi ergonomis dengan ukuran tinggi alat 88,1 cm, diameter pegangan alat 8,13 cm, panjang pegangan 11,4 cm, jarak pegangan dengan rem 9,32 cm. Dimensi ukuran tas bibit padi dengan lebar tas 33,70 cm, jarak antara depan dan belakang tas 23,19 cm, tinggi tas 35,64 cm, panjang tas 20,5 cm.

Kata kunci : Antropometri, Pendekatan Ergonomi, Standard Nordic Questionnaires

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muhammad Fanny Irwanda
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 19-10-2023 11:10
Terakhir diubah : 20-10-2023 16:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4799
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!