ISOLASI DAN IDENTIFIKASI ASAM SINAMAT DALAM GETAH KEMENYAN (STYRAX BENZOIN) DI KECAMATAN SIJAMAPOLANG DAN KECAMATAN PARLILITAN

Lusia Lenni Lenta Tio Tama Simamora (2023), ISOLASI DAN IDENTIFIKASI ASAM SINAMAT DALAM GETAH KEMENYAN (STYRAX BENZOIN) DI KECAMATAN SIJAMAPOLANG DAN KECAMATAN PARLILITAN. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemenyan merupakan salah satu sumber daya alam yang terdapat di Kecamatan Sijamapolang dan Kecamatan Parlilitan yang banyak dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Komponen utama senyawa kimia dari kemenyan Sumatera adalah asam sinamat dan asam benzoat. Kegunaan asam sinamat anatara lain sebagai pengawet, pewangi dalam makanan, kosmetik, sabun dan produk-produk farmasi lainnya. Sehingga peneliti melakukan isolasi dan identifikasi asam sinamat dalam getah kemenyan. Isolasi dan identifikasi asam sinamat menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil karakterisasi asam sinamat menggunakan FTIR menghasilkan pita serapan yang menunjukkan struktur ikatan O-H, C=O, dan C-O. Kadar asam sinamat pada getah kemenyan di Kecamatan Sijamapolang sebesar 13,33% dan pada Kecamatan Parlilitan sebesar 17,78%.

Kata kunci : Kemenyan, Asam Sinamat, Analisis, Kadar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Lusia Lenni Lenta Tio Tama Simamora
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Kimia (2023)
Tanggal disimpan : 18-10-2023 10:18
Terakhir diubah : 23-10-2023 10:01
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4783
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!