PENGARUH DOSIS PUPUK KANDANG SAPI DAN KONSENTRASI ZPT THIDIAZURON (TDZ) TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT TANAMAN PORANG (AMORPHOPHALLUS ONCOPHYLLUS)

MUHAMMAD ZUHRI DERMAWAN (2023), PENGARUH DOSIS PUPUK KANDANG SAPI DAN KONSENTRASI ZPT THIDIAZURON (TDZ) TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT TANAMAN PORANG (AMORPHOPHALLUS ONCOPHYLLUS). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk kandang sapi terhadap pertumbuhan bibit tanaman porang, pengaruh konsentrasi ZPT Thidiazuron terhadap pertumbuhan bibit tanaman porang, pengaruh interaksi antara pengaruh dosis pupuk kandang sapi dan konsentrasi ZPT Thidiazuron terhadap pertumbuhan bibit tanaman porang. Penelitian ini dilaksanakan di lahan percobaan Fakultas Pertanian Universitas Samudra, Kota Langsa Provinsi Aceh dengan ketinggian tempat ± 10 mdpl. Penelitian ini telah dilakukan mulai bulan Juli sampai Oktober 2022.


Penelitian ini disusun dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor yang diamati pengaruh dosis pupuk kandang sapi dan konsentrasi ZPT Thidiazuron terhadap pertumbuhan bibit tanaman porang yang diulang sebanyak 2 kali. Parameter yang di amati antara lain hari muncul tunas, indeks vigor (%), tinggi tanaman (cm), diameter batang (cm), jumlah daun (helai), dan berat brangkasan basah (gr) tanaman.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dosis pupuk kandang sapi berpengaruh nyata terhadap hari muncul tunas, tinggi tanaman (cm) pada umur 75 HST, diameter batang (cm) pada umur 45, 60 dan 75 HST, jumlah daun (helai) pada umur 75 HST, dan yang berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman (cm) 45 dan 60 HST dan berat brangkasan basah (gr) 75 HST. Namun berpengaruh tidak nyata terhadap indeks vigor (%) pada hari ke-7 HST. Sedangkan pada perlakuan konsentrasi ZPT Thidiazuron berpengaruh sangat nyata terhadap hari muncul tunas, indeks vigor (%) pada hari ke-7 HST dan tinggi tanaman 45 dan 60 HST. Namun berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman (cm) 75 HST, diameter batang (cm) 45,60 dan 75 HST, jumlah daun (helai) 75 HST dan berat brangkasan basah (gr) 75 HST.


Dari hasil penelitian kombinasi perlakuan dosis pupuk kandang sapi dan konsentrasi ZPT Thidiazuron terdapat interaksi yang berpengaruh nyata terhadap jumlah daun (helai). Hasil terbaik dari penelitian ini yaitu pada perlakuan dosis pupuk kandang sapi P3 (15 gr/polybag) dan konsentrasi ZPT Thididazuron Z3 (3 mg/l air).


Untuk melakukan pembibitan porang di sarankan menggunakan dosis pupuk kandang sapi P3 (15 gr/polybag) dan konsentrasi ZPT Thidiazuron Z3 (3 mg/l air). Penulis menyarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut pada variasi dosis pupuk kandang sapi dan konsentrasi ZPT Thidiazuron yang lebih tinggi sampai diperoleh pengaruh yang optimum.

Kata kunci : NO KEYWORD

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MUHAMMAD ZUHRI DERMAWAN
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2023)
Tanggal disimpan : 16-10-2023 14:55
Terakhir diubah : 17-10-2023 09:05
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4764
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!