PENERAPAN METODE TAGUCHI UNTUK MENURUNKAN KADAR ALB (ASAM LEMAK BEBAS) PADA CPO (CRUDE PALM OIL) DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) PKS RAMBUTAN TEBING TINGGI

Alifa Zahrani (2023), PENERAPAN METODE TAGUCHI UNTUK MENURUNKAN KADAR ALB (ASAM LEMAK BEBAS) PADA CPO (CRUDE PALM OIL) DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) PKS RAMBUTAN TEBING TINGGI . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

PT. Perkebunan Nusantara III (persero) memiliki 12 Pabrik Pengolah Kelapa Sawit (PPKS) salah satunya PKS Kebun Rambutan. PKS kebun rambutan merupakan pabrik pengolah kelapa sawit yang tidak lepas dari masalah yang berhubungan dengan kualitas CPO (Crude Palm Oil) yang diakibatkan oleh tidak sesuainya dengan standar kualitas CPO. Hal ini dapat terlihat dengan seringnya terjadi kecacatan yang terjadi pada produksi kelapa sawit. Akibat kerusakan tersebut target produksi tidak tercapai. Peningkatan kualitas CPO dapat dilakukan dengan mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kualitas CPO dengan menggunakan metode taguchi loss function untuk mengetahui apa faktor yang paling berpengaruh dan meningkatkan kulitas CPO. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi kualitas CPO dan untuk meningkatkan kualitas CPO dengan menggunakan metode taguchi. Penelitian ini menggunakan metode taguchi dengan karakteristik kualitas smaller the better dengan orthogonal array L9 3³ yang berarti penelitian ini terdiri dari 9 eksperimen dengan 3 faktor dimana masing-masing faktor terdiri dari 3 level faktor (kematangan buah: matang 2, matang 3 dan matang 4; lama proses perebusan : 90 menit, 100 menit dan 110 menit ; tekanan pengempaan : 36 bar, 38 bar dan 40 bar. Dari hasil penelitian yang telah diselesaikan diperoleh bahwa proses produksi yang mendapatkan kadar ALB (Asam Lemak Bebas) ≤ 3,5 % adalah kematangan buah matang 3, lama proses perebusan 90 menit dan tekanan pengempaan 40 bar, sehingga biaya yang bisa dihemat oleh perusahaan untuk pengolahan kembali CPO (Crude Palm Oil) sebesar Rp. 18.186.076,8.

Kata kunci : Taguchi, Kualitas CPO (Crude Palm Oil), Loss Function

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Alifa Zahrani
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 16-10-2023 12:42
Terakhir diubah : 16-11-2023 11:58
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4760
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!