EFEKTIVITAS SUHU OPTIMUM PENETASAN TELUR LOBSTER AIR TAWAR (CHERAX QUADRICARINATUS) PADA BERBAGAI FASE PERKEMBANGAN EMBRIO

IMMANUEL PERDINAN PANGGABEAN (2023), EFEKTIVITAS SUHU OPTIMUM PENETASAN TELUR LOBSTER AIR TAWAR (CHERAX QUADRICARINATUS) PADA BERBAGAI FASE PERKEMBANGAN EMBRIO. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Lobster air tawar (Cherax quadricarinatus) merupakan komoditas perikanan air tawar yang sangat menjanjikan sebagai pengganti lobster air laut. Proses penetasan telur merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan dalam kegiatan budidaya lobster air tawar. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi presentase derajat penetasan telur dan kelangsungan hidup benih lobster air tawar yang ditetaskan menggunakan metode inkubasi.Penelitian ini menggunakan metode rancangan acak lengkap dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan A sebagai kontrol (penetasan telur lobster secara alami), Perlakuan B (inkubasi fase 2 atau 4-6 hari setelah terjadinya fertilisasi), Perlakuan C (inkubasi fase 4 atau 10-12 hari setelah terjadinya fertilisasi), Perlakuan D (inkubasi fase 6 atau 16-18 hari setelah terjadinya fertilisasi). Telur uji yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari 1 induk yang sama. Sedangkan penetasan secara alami menggunakan telur dari induk yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa derajat tetas telur lobster yang ditetaskan secara alami dan inkubasi berbeda nyata (p<0,05). Pada penetasan secara inkubasi derajat tetas telur terbaik berada pada fase 4 yaitu sebesar 91,1±3,85a dengan derajat kelangsungan hidup benih sebesar 91,66±14,43a. Dengan demikian, penetasan telur lobster air tawar pada berbagai fase perkembangan embrio dengan suhu optimum 30°C sebaiknya dilakukan pada fase 4 atau 10-12 hari setelah terjadinya fertilisasi dengan waktu tetas telur selama 33 hari.

Kata kunci : Lobster air tawar, Inkubasi buatan, Fase perkembangan embrio

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : IMMANUEL PERDINAN PANGGABEAN
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2023)
Tanggal disimpan : 13-10-2023 10:04
Terakhir diubah : 13-10-2023 10:08
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4739
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!