UJI TOKSISITAS EKSTRAK ETANOL TANAMAN JARUM TUJUH BILAH (PERESKIA BLEO K) MENGGUNAKAN METODE BSLT (BRINE SHRIMP LETHALITY TEST)

Riva (2023), UJI TOKSISITAS EKSTRAK ETANOL TANAMAN JARUM TUJUH BILAH (PERESKIA BLEO K) MENGGUNAKAN METODE BSLT (BRINE SHRIMP LETHALITY TEST). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tanaman Jarum Tujuh Bilah (Pereskia bleo K) merupakan tanaman yang kaya akan manfaat salahsatunya yaitu untuk obat antikanker. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan metabolit sekunder pada tanaman Jarum Tujuh Bilah (Pereskia bleo K) serta untuk mengetahui bagaimana aktivitas toksisitas pada tanaman Jarum Tujuh Bilah (Pereskia bleo K) menggunakan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT) yang ditunjukkan dengan nilai LC50. Berdasarkan uji skrining fitokimia kandungan metabolit sekunder yang terdapat pada Bunga dan Daun Jarum Tujuh Bilah (Pereskia bleo K) positif mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, tanin, dan terpenoid. Pada Buah Jarum Tujuh Bilah (Pereskia bleo K) positif mengandung alkaloid dan terpenoid. Penelitian ini menggunakan 540 larva udang (Artemia Salina Leach) yang dibagi menjadi satu kontrol negatif dan 3 kelompok seri konsentrasi ekstrak, masing-masing terdiri dari 15 ekor larva udang (Artemia Salina Leach) dengan 3 kali pengulangan untuk tiap kelompok perlakuan. Konsentrasi ekstrak berturut-turut adalah 1000, 100, dan 10 ppm. Hasil pengamatan terhadap larva yang mati adalah 24 jam setelah pemberian ekstrak. Hasil dari analisis probit menunjukkan nilai LC50 dari ekstrak buah Jarum Tujuh Bilah (Pereskia bleo K) adalah 42,5285 ppm, pada daun Jarum Tujuh Bilah (Pereskia bleo K) diperoleh nilai LC50 44,7099 ppm, dan pada bunga Jarum Tujuh Bilah (Pereskia bleo K) diperoleh nilai LC50 134,4936 ppm. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan metode BSLT ekstrak etanol bunga, buah, dan daun Jarum Tujuh Bilah (Pereskia bleo K) bersifat toksik terhadap larva Artemia Salina Leach.

Kata kunci : Jarum Tujuh Bilah (Pereskia bleo K), BSLT, Artemia Salina Leach. LC50

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Riva
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2023)
Tanggal disimpan : 07-10-2023 11:56
Terakhir diubah : 10-10-2023 20:33
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4691
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!