PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMP N 5 LANGSA

MAHMUDAH (2023), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMP N 5 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Beberapa permasalahan yang muncul dalam proses kegiatan mengajar pada mata pelajaran matematika, yaitu: Masih banyak siswa yang malu mengutarakan pendapatnya dan menjelaskan soal-soal yang mereka jawab, kurangnya partisipasi siswa menjelaskan kembali jawaban mereka di depan teman-temannya, rendahnya daya berpikir kreatif matematis siswa dalam memecahkan masalah yang diberikan oleh guru, banyak siswa siswa yang mengerjakan persis seperti contoh yang diberikan, siswa tidak mampu mengerjakan dengan caranya sendiri, lebih banyak mencatat, mendengar penjelasan guru, mengamati dan belum lancar menjelaskan jawaban kepada teman dan banyak siswa yang meniru jawaban dari temannya dan tidak mau berusaha untuk mencoba. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran problem solving di SMP Negeri 5 Langsa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pretest-posttest-Only Control Design. Populasi yang digunakan seluruh kelas VIII SMP Negeri 5 Langsa dan sampel digunakan 2 kelas yaitu kelas VII-1 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan oleh peneliti pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terjadi peningkatan. Dengan hasil hitung, yaitu sig <α (0,000 <0,05) dengan taraf signifikansi 5%. Maka H0 ditolak dan H1 diterima. sehingga dapat disimpulkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa meningkat setelah mengalami pembelajaran dan diterapkan model pembelajaran problem solving.

Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Model Pembelajaran Problem Solving

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MAHMUDAH
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2023)
Tanggal disimpan : 04-10-2023 11:26
Terakhir diubah : 04-10-2023 11:26
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4679
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!