PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TUMBUHAN (PLANTAE) BAGI SISWA SMAN 2 LANGSA

Juwita Br Sinaga (2023), PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TUMBUHAN (PLANTAE) BAGI SISWA SMAN 2 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bermaksud untuk memgembangkan panduan praktikum biologi berbasis problem based learning pada materi tumbuhan bagi siswa SMAN 2 langsa dan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan panduan praktikum biologi yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Thiagrajan), yaitu Define, Design, Development dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap pengembangan (development). Validitas kelayakan panduan praktikum biologi diukur berdasarkan validasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Kepraktisan panduan praktikum biologi diukur berdasarkan hasil uji respon guru dan peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA dengan jumlah 140 siswa dan sampel penelitian ini adalah X IPA 3 SMAN 2 Langsa dengan jumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase untuk menguji kelayakan dan praktikalitas panduan praktikum. Hasil penelitian berupa panduan praktikum biologi berbasis problem based learning pada materi tumbuhan bagi siswa SMAN 2 Langsa dengan nilai kelayakan oleh ahli media sebesar 82,5%, ahli materi sebesar 98,8% dan ahli bahasa sebesar 96% dengan kriteria “sangat layak”. Panduan praktikum biologi dinyatakan praktis dengan hasil uji respon guru memiliki presentasi 97,2% dengan kriteria “sangat praktis” dan hasil uji respon peserta didik sebesar 93% dengan kriteria “sangat praktis”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa panduan praktikum biologi berbasis problem based learning pada materi tumbuhan bagi siswa SMAN 2 Langsa yang dikembangkan sangat layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran praktikum biologi.

Kata kunci : Panduan Praktikum, PBL, Pengembangan,Tumbuhan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Juwita Br Sinaga
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2023)
Tanggal disimpan : 03-10-2023 14:43
Terakhir diubah : 31-01-2024 10:47
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4671
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!