DESAIN PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN APLIKASI AGAR YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMP NEGERI 10 LANGSA

Piki Mulani (2023), DESAIN PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN APLIKASI AGAR YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMP NEGERI 10 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan aplikasi AGAR yang berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitan dan pengembangan atau research and development (R & D) dengan model pengembangan 4-D yaitu define, design, development dan dissemination. Namun pengembangan ini dibatasi sampai tahap develop. Penelitian ini diuji cobakan secara terbatas pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Langsa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi oleh para ahli, serta angket kepraktisan oleh peserta didik. Hasil penelitian berupa desain pembelajaran yang memanfaatkan teknologi berbasis augmented reality (AR) dengan penilaian tingkat validasi rata-rata sebesar 87% terhadap validasi desain RPP dengan kriteria “sangat valid”, dan sebesar 95,83% terhadap validasi desain LKPD dengan kriteria “sangat valid” serta penilaian akhir dari ahli materi diperoleh rata-rata presentase sebesar 93,05% dengan kriteria “sangat layak”dengan kata lain desain pembelajaran yang dikembangkan sah, benar, dan tepat. Selanjutnya tingkat kepraktisan desain pembelajaran dari respon peserta didik sebesar 96,97% dengan kriteria “sangat praktis” dengan kata lain desain pembelajaran yang dikembangkan mudah dan praktis digunakan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran yang memanfaatkan teknologi berbasis augmented reality (AR) yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan di dalam proses pembelajaran.

Kata kunci : Pengembangan, Desain Pembelajaran, Project Based Learning (PjBL), AGAR, 4-D

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Piki Mulani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2023)
Tanggal disimpan : 03-10-2023 11:00
Terakhir diubah : 17-10-2023 10:31
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4666
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!