ANALISIS FINANSIAL USAHA PENGOLAHAN IKAN SALAI LELE (CLARIAS SP.) HOME INDUSTRY (STUDY KASUS: USAHA IBU ELINDA DI DESA AIA GADANG KECAMATAN PASAMAN SUMATERA BARAT)

RENA PASARIBU (2023), ANALISIS FINANSIAL USAHA PENGOLAHAN IKAN SALAI LELE (CLARIAS SP.) HOME INDUSTRY (STUDY KASUS: USAHA IBU ELINDA DI DESA AIA GADANG KECAMATAN PASAMAN SUMATERA BARAT). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Finansial Pengembangan Usaha Pengolahan Ikan Salai Lele Home Industry Ibu Elinda di Desa Aia Gadang Kecamatan Pasaman Sumatera Barat. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus (case study). Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Untuk mengetahui Finansial Pengembangan Usaha Pengolahan Ikan Salai Lele Home Industry Ibu Elinda di desa Aia Gadang Kecamatan Pasaman Sumatera Barat dilakukan menggunakan analisis finansial yaitu Break Even Point (BEP), Net Present Value (NVP), Internal Rate of Return (IRR), Payback Period (PP), B/C Ratio dan Net B/C Ratio. Hasil penelitian ini memperoleh nilai Break Even Point (BEP) sebesar 159.171,5 Kg untuk produksi dan Rp 77.550/Kg untuk harga dengna kriteria sebesar 246.300 Kg untuk produksidan Rp 120.000/Kg untuk harga, maka usaha tersebut layak. Net Present Value (NVP) sebesar Rp.7.799.144.035 dengan kriteria NVP > 0 maka usaha tersebut layak. Internal Rate of Return (IRR) 70,4% dengan kriteria IRR > DF(10,5%) maka usaha layak untuk dijalankan. B/C Ratio sebesar 1,54 dengan kriteria >1 maka usaha tersebut layak dijalankan. Dari perhitungan analisis finansial menunjukkan hasil Usaha Pengolahan Ikan Salai Lele Home Industry Ibu Elinda didesa Aia Gadang Kecamatan Pasaman Sumatera Barat layak untuk diusahakan dan Payback Period (PP) 2 bulan yaitu lebih kecil dari umur proyek 12 bulan yang artinya dalan jangka waktu 2 bulan usaha tersebut mampu mengembalikan biaya investasi sebelum waktu produktif usaha tersebut.

Kata kunci : Finansial, Home Industry,Ikan Salai

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : RENA PASARIBU
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 03-10-2023 10:56
Terakhir diubah : 03-10-2023 11:10
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4664
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!