UJI AKTIVITAS ANTIDIABETES EKSTRAK DAUN TINGKEM (BISCHOFIA JAVANICA BLUME) TERHADAP MENCIT (MUS MUSCULUS) SECARA IN VIVO

RAJUN BUTAR BUTAR (2023), UJI AKTIVITAS ANTIDIABETES EKSTRAK DAUN TINGKEM (BISCHOFIA JAVANICA BLUME) TERHADAP MENCIT (MUS MUSCULUS) SECARA IN VIVO. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tumbuhan tingkem (B. javanica Blume) merupakan salah satu tumbuhan yang digunakan masyarakat sebagai bahan untuk pengobatan diabetes melitus. Kandungan senyawa pada tumbuhan B. javanica Blume dapat menyembuhkan penyakit diabetes melitus. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kandungan senyawa kimia yang terdapat dalam daun B. javanica Blume dan menguji aktivitas antidiabetes dari ekstrak daun B. javanica Blume dalam upaya menurunkan kadar glukosa darah pada mencit (M. musculus). Penelitian ini menggunakan 54 ekor mencit dibagi menjadi 6 kelompok yang terdiri dari kontrol positif, kontrol negatif, ekstrak tingkem 10%, ekstrak tingkem 20%, ekstrak tingkem 30%, dan ekstrak tingkem 40%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa senyawa metabolit sekunder yang terkandung di dalam daun B. javanica Blume terdiri dari senyawa alkaloid, fenolik, flavonoid, saponin, tanin, steroid dan triterpenoid. Hasil uji aktivitas antidiabetes pada penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak daun B. javanica Blume dapat menurunkan kadar glukosa darah mencit dan yang paling efektif adalah konsentrasi 40% dengan efektivitasnya sebesar 92,82%.

Kata kunci : Antidiabetes, Tingkem (B. javanica Blume), Mencit (M. musculus) Kadar glukosa darah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : RAJUN BUTAR BUTAR
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Kimia (2023)
Tanggal disimpan : 03-10-2023 09:39
Terakhir diubah : 03-10-2023 09:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4655
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!