PENERAPAN ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (E-LKPD) BERBASIS LIVEWORKSHEETS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 3 LANGSA

Chelsea Ruth Maranatha (2023), PENERAPAN ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (E-LKPD) BERBASIS LIVEWORKSHEETS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 3 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu menyesuaikan perkembangan teknologi. Hadirnya konsep e-learning ditengah-tengah pendidikan belum seutuhnya dimanfaatkan pendidik sebagai salah satu referensi dalam membantu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 3 Langsa yang diajarkan dengan menerapkan E-LKPD berbasis liveworksheets; serta pengaruh penerapan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) berbasis liveworksheets terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 3 Langsa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Langsa sebanyak 288 siswa yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling sebanyak 1 kelas, yaitu X IPA 1 dengan jumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest dengan jumlah 20 soal bentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa besar hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 3 Langsa dengan penerapan E-LKPD berbasis liveworksheets memiliki skor rata-rata/mean sebesar 75,3 yang termasuk kedalam kriteria cukup baik; serta terdapat pengaruh penerapan E-LKPD berbasis liveworksheets terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 3 Langsa hal ini dilihat dari pengujian hipotesis diperoleh data nilai thitung > dari ttabel, yaitu 16,29 > 1,691 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata kunci : Hasil Belajar Biologi, E-LKPD, Liveworksheets

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Chelsea Ruth Maranatha
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2023)
Tanggal disimpan : 02-10-2023 12:36
Terakhir diubah : 03-10-2023 21:58
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4643
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!