Pencarian
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DESSY RAMADHANA (2019),
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 . Skripsi, Universitas Samudra.
ABSTRAK
Manusia dan pendidikan tidak dapat dipisahkan, sebab pendidikan merupakan kunci dari masa depan manusia yang dibekali dengan akal dan pikiran. Pendidikan mempunyai peranan penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan hidup suatu bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia Tujuan Penelitian ini Untuk mengetahui ada pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2017/2018. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dimana objek dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Variabel Penelitian merupakan objek yang dijadikan penelitian. Adapun yang menjadi variabel didalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang ditetapkan sebagai variabel terikat sedangkan model Problem Posing ditetapkan sebagai variabel bebas. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa ada Pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2017/2018. Besarnya penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2017/2018 yaitu thitung> ttabel, yaitu 6,49> 1,982 Guru hendaknya berusaha untuk menggunakan variasi model pembelajaran. Sebaiknya dalam Penggunaan model Problem Posing perlu dipertimbangkan penggunaan waktu yang efisien.
File ::(login required)
Tipe Items | : Skripsi |
Penulis/Penyusun | : DESSY RAMADHANA |
Fakultas | : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Program.Studi | : Pendidikan Biologi (2019) |
Tanggal disimpan | : 02-03-2020 09:40 |
Terakhir diubah | : 02-03-2020 09:40 |
Penerbit | : Langsa, Universitas Samudra, 2019 |
URI | : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=463 |
Root | : https://www.unsam.ac.id |