PENGEMBANGAN  LKPD  BERBASIS  PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) PADA MATERI LAJU REAKSI

Rusdatul Hamaliyah (2023), PENGEMBANGAN  LKPD  BERBASIS  PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) PADA MATERI LAJU REAKSI. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan bahan ajar atau sumber belajar dalam membantu guru untuk menyampaikan materi pembelajaran. Untuk itu, kreatifitas guru dalam memfasilitasi pembelajaran sangat dibutuhkan, salah satu alternatif yang digunakan yaitu dengan mengembangkan LKPD berbasis Science, Environment, Technology and Society (SETS) pada materi laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan, kelayakan, kepraktisan dan respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and development (R&D) dengan model pengembangan pada tahap analisis (Analysis), desain (Design) dan pengembangan (Development). Instumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar wawancara, kelayakan, kepraktisan dan angket respon. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 validator ahli, 6 guru kimia di SMA Negeri Kota Langsa dan 45 peserta didik. Pada tahap analisis dilakukan observasi, wawancara dan pemberian angketnkepada guru kimia di SMA Negeri Kota Langsa. Tahap desain melakukan perancangan dengan membuat draft dan mengumpulkan materi sebagai acuan dalam mengembangkan LKPD. Tahap selanjutnya yaitu pengembangan yangdapat dilihat dari hasil validasi kelayakan. Hasil penelitian diperoleh LKPD yang dikembangkan berisikan materi laju reaksi yang dilengkapi dengan bentuk teks, evaluasi dan gambar. Adapun hasil kelayakan pada ahli materi memperoleh nilai aiken’s V rata-rata 0,84 dengan kategori sangat tinggi, penilaian validasi media memperoleh nilai aiken’s V rata-rata 0,86 dengan kategori sangat tinggi, penilaian kepraktisan memperoleh persentase rata-rata 93% dengan kategori sangat praktis, respon peserta didik memperoleh nilai persentase rata-rata 90% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis SETS layak dikembangkan sebagai bahan ajar pada materi laju reaksi.


 


 

Kata kunci : Laju reaksi, LKPD, R&D, SETS

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rusdatul Hamaliyah
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2023)
Tanggal disimpan : 29-09-2023 09:42
Terakhir diubah : 09-10-2023 09:39
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4622
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!