PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE AND MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI METABOLISME SEL DI KELAS VII SMP NEGERI 4 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MAYA DAMAYANTI (2019), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE AND MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI METABOLISME SEL DI KELAS VII SMP NEGERI 4 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Bidang pendidikan selalu berusaha untuk melakukan perbaikan dan
pengembangan sarana maupun prasarana sekolah demi terselenggaranya proses
pembelajaran yang nyaman, efektif serta efisien. Sehubungan dengan itu,
perkembangan dunia pendidikan tidak bisa dilepaskan dari perkembangan teknologi
yang semakin pesat. Guru tidak lagi berperan sebagai salah satunya sumber
informasi bagi kegiatan pembelajaran para siswanya. Tujuan penelitian ini Untuk
mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make and Match Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Metabolisme sel di Kelas VII SMP
Negeri 4 Langsa Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mengetahui Pengaruh
Penerapan Model Pembelajaran Make and Match Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Pada Materi Metabolisme sel di Kelas VII SMP Negeri 4 Langsa
Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan acak random. Acak random
adalah cara pengambilan sampel dari anggota populasi dengan menggunakan acak
tanpa memperhatikan strata (tingkatan) dalam anggota populasi tersebut. Kelas yang
dijadikan sampel yaitu VII-3 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan
Berdasarkan hasil penelitian diatas diketahui penggunaan model Make and Matchc
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi materimetabolisme seldi Kelas
VII SMP Negeri 4 Langsa Tahun Pelajaran 2017/2018. Di peroleh tHitung
atau 2,95≥1,7. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini yaitu kepada guru
biologi sebaiknya menggunakan strategi yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam
belajar contohnya model Make and Match. ≥ dari tTabel

Kata kunci : Kata Kunci : Make and Match,Peningkatan hasil belajar s

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MAYA DAMAYANTI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2019)
Tanggal disimpan : 02-03-2020 09:40
Terakhir diubah : 02-03-2020 09:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=462
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!