Pencarian
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SERVICE LEARNING TERHADAP EKOLITERASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMAN 1 RANTAU SELAMAT
Nelda wati (2023),
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SERVICE LEARNING TERHADAP EKOLITERASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMAN 1 RANTAU SELAMAT
. Skripsi, Universitas Samudra.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran service learning terhadap ekoliterasi peserta didik pada mata pelajaran geografi materi bencana banjir. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest kontrol group.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS di SMA 1 Rantau Selamat tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak sehingga didapatkan 2 kelas sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik yaitu tes berbentuk pilihan ganda pada materi bencana banjir. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk melihat pengaruh model service learning terhadap ekoliterasi peserta didik dengan menggunakan angket. Pengaruh model pembelajaran service learning terhadap ekoliterasi peserta didik dianalisis menggunakan independent t test dan uji ukuran pengaruh sedangkan data ekoliterasi menggunakan perhitungan rata-rata. Hasil independet t test menunjukan bahwa nilai thitung (11,00) ≥ tabel (4,54), sehingga H0 ditolak, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan independet t test dan uji ukuran pengaruh, maka dapat disimpulkan bahwa dapatnya pengaruh model pembelajaran service learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi bencana banjir. Hasil analisis angket ekoliterasi peserta didik menunjukan nilai rata-rata ekoliterasi thitung (17,5) ≥(4,54) tabel sehingga H0 ditolak, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat disumpulkan bahwa terdapatnya pengaruh ekoliterasi peserta didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan model service learning, dan tidak terdapatnya pengaruh hasil belajar dikelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran service learning.
Kata kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran, Model Service Learning, Ekoliterasi BelajarFile ::(login required)
Tipe Items | : Skripsi |
Penulis/Penyusun | : Nelda wati |
Fakultas | : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Program.Studi | : Pendidikan Geografi (2023) |
Tanggal disimpan | : 27-09-2023 15:05 |
Terakhir diubah | : 13-10-2023 09:58 |
Penerbit | : Langsa, Universitas Samudra, 2023 |
URI | : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4614 |
Root | : https://www.unsam.ac.id |