PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SERVICE LEARNING TERHADAP  EKOLITERASI PESERTA DIDIK  PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI  DI SMAN 1 RANTAU SELAMAT  

Nelda wati (2023), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SERVICE LEARNING TERHADAP  EKOLITERASI PESERTA DIDIK  PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI  DI SMAN 1 RANTAU SELAMAT   . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian  ini  bertujuan  mengetahui pengaruh model  pembelajaran  service learning terhadap  ekoliterasi  peserta  didik  pada  mata pelajaran geografi materi bencana banjir. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest kontrol group.Populasi dalam penelitian  ini  adalah seluruh  peserta  didik kelas XI  IPS  di  SMA 1  Rantau Selamat tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel dilakukan  secara  acak sehingga  didapatkan 2  kelas  sampel, yaitu  kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik yaitu tes berbentuk pilihan ganda pada  materi bencana banjir. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk melihat pengaruh model service learning terhadap ekoliterasi peserta didik  dengan menggunakan angket. Pengaruh model pembelajaran service learning terhadap ekoliterasi peserta didik dianalisis menggunakan independent t test dan uji ukuran pengaruh sedangkan data ekoliterasi menggunakan perhitungan rata-rata. Hasil independet t test menunjukan  bahwa  nilai thitung  (11,00) ≥ tabel (4,54), sehingga H0 ditolak, yang artinya  terdapat  perbedaan hasil belajar  peserta didik  pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan independet t test dan uji  ukuran pengaruh, maka dapat disimpulkan bahwa dapatnya pengaruh model pembelajaran service learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi bencana banjir. Hasil analisis angket ekoliterasi peserta didik  menunjukan nilai rata-rata ekoliterasi thitung (17,5) ≥(4,54) tabel  sehingga H0 ditolak,  yang artinya  terdapat   perbedaan  hasil belajar peserta  didik pada  kelas  eksperimen  dan kelas kontrol. Maka dapat disumpulkan bahwa terdapatnya pengaruh ekoliterasi peserta didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan model service learning, dan tidak terdapatnya  pengaruh hasil belajar dikelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran service learning.

Kata kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran, Model Service Learning,  Ekoliterasi Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nelda wati
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2023)
Tanggal disimpan : 27-09-2023 15:05
Terakhir diubah : 13-10-2023 09:58
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4614
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!