PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL DMR (DISKURSUS MULTY REPRECENTACY) DI SMP NEGERI 1 LANGSA

ELSHA BR SITORUS (2023), PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL DMR (DISKURSUS MULTY REPRECENTACY) DI SMP NEGERI 1 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah Matematika peserta didik melalui model DMR (Discursus Multy Reprecentacy) di SMP Negeri 1 Langsa. Adapun jenis pendekatan penelitian yaitu kuantitatif dengan desain Pretest-Postest Control Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Langsa yang terdiri dari sebelas kelas dan berjumlah 429 peserta didik. Adapun sampel yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VIII B dan VIII C sebanyak 62 peserta didik. Intrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan lembar observasi. Setelah dilakukan uji normalitas pada kelas kontrol diperoleh hasil Lhitung sebesar 0,1219 dan kelas eksperimen didapatkan hasil Lhitung sebesar 0,1529 dengan nilai Ltabel adalah 0,1559 sehingga Lhitung < Ltabel maka H0 diterima yang artinya distribusi frekuensi data yang diuji adalah normal. Kemudian dilakukan uji homogenitas pada kedua kelas tersebut dan didapatkan hasil Fhitung = 1,8285 dan Ftabel = 1,88  diperoleh 1,83 < 1,88 karena Fhitung < Ftabel,  maka H0 diterima lalu kemudian disimpulkan bahwa kedua data tersebut homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian diperoleh dk = 60 dengan nilai ttabel = 3,00 dan thitung = 5,68, sehingga thitung > ttabel dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, jadi dapat disimpulkan terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah Matematika peserta didik melalui model DMR (Discursus Multy Reprecentacy) di SMP Negeri 1 Langsa.

Kata kunci : DMR (Discursus Multy Reprecentacy), Model Pembelajaran, Pemecahan Masalah Matematika

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : ELSHA BR SITORUS
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2023)
Tanggal disimpan : 26-09-2023 10:28
Terakhir diubah : 08-12-2023 09:41
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4600
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!