PENGETAHUAN DAN PEMANFAATAN OBAT-OBATAN TRADISIONAL UNTUK MENGATASI PENYAKIT GASTRITIS DI GAMPONG MATANG SEULIMENG KECAMATAN LANGSA BARAT KOTA LANGSA

Widya fadhillah (2022), PENGETAHUAN DAN PEMANFAATAN OBAT-OBATAN TRADISIONAL UNTUK MENGATASI PENYAKIT GASTRITIS DI GAMPONG MATANG SEULIMENG KECAMATAN LANGSA BARAT KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan da pemanfaatan masyarakat terhadap obat-obatan tradisional untuk mengatasi penyakit Gastritis di Gampong Matang Seulimeng Kota Langsa. peneliti melakukan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil sampel 70 warga desa Matang Seulimeng sebagai responden penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan observasi dan wawancara. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan teknik analisis data Miles dann Huberman yang terdiri dari data reduksi, data display dan data verfikasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, peneliti menemukan bahwa Pengetahuan masyarakat desa Matang Seulimeng terhadap obat-obatan tardisonal untuk mengatasi penyakit gastritis sudah tergolong tinggi yaitu sebanyak terdapat 84,28 %  masyarakat yang menjawab “Ya”. Di sisi lain, terdapat 15,71 % dari masyarakat gampong Matang Seulimeng yang menjawab “tidak”. Menurut purwanto, rentang pengetahuan diantara angka 80% hingga 89% tergolong kedalam kategori tinggi. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa warga desa Matang Seulimeng sudah mempunyai pengetahuan yang tinggi terhadap penyakit gastritis. Dalam hal pemanfaatan obat-obatan tradisonal untuk mengatasi penyakit gastritis di desa Matang Seulimeng Kota Langsa peneliti telah mendapatkan hasil bahwa sebanyak 47 responden atau 67,14% dari total jumlah responden pernah memanfaatkan obat-obatan tradisional untuk mengatasi penyakit gastritis. Di sisi lain, terdapat 20 responden atau sekitar 28,57% responden yang tidak pernah memanfaatkan obat-obatan tradisional untuk mengatasi penyakit gastritis. Selebihnya, sebanyak 3 responden atau 4, 28% dari total responden yang selalu menggunakan obat-obatan tradisional untuk mengatasi penyakit gastritis. Berdasarkan kriteria rentangan pemanfaatan yang dikemukan oleh Purwanto, kategori 65% hingga 79% tergolong kedalam kategori sedang. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan warga desa Matang Seulimeng terhadap obat-obatan tradisional untuk mengatasi penyakit gastritis tergolong sedang.

Kata kunci : Gastritis, Pengetahuan, Pemanfaatan dan Obat Tradisional

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Widya fadhillah
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2022)
Tanggal disimpan : 25-09-2023 12:21
Terakhir diubah : 28-12-2023 10:33
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4596
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!