ANALISIS SIKAP DAN PENGETAHUAN MASYARAKAT MENGENAI PEMILAHAN DAN PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI GAMPONG MEUTIA KECAMATAN LANGSA KOTA

Sausan Alya Taisir (2023), ANALISIS SIKAP DAN PENGETAHUAN MASYARAKAT MENGENAI PEMILAHAN DAN PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI GAMPONG MEUTIA KECAMATAN LANGSA KOTA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Sampah merupakan sisa kegiatan sehari-hari manusia atau dari proses alam yang berbentuk padat. Laju produksi sampah terus meningkat, tidak saja sejajar dengan dengan laju pertumbuhan penduduk tetapi juga sejalan dengan meningkatnya pola komsumsi masyarakat. Di sisi lain kapasitas penanganan sampah yang dilakukan masyarakat maupun pemerintah daerah belum optimal. Untuk itu sampah yang tidak dikelola dengan baik akan berpengaruh terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat sekitar. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis sikap dan pengetahuan masyarakat Gampong Meutia terhadap sampah yang ada di Kota Langsa dan untuk menganalisis hubungan antara pengetahuan tentang pengelolaan sampah dengan sikap pengelolaan sampah pada masyarakat Gampong Meutia di Kota Langsa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 96 jiwa/responden. Data yang diambil dengan menggunakan angket penelitian (Keusioner). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tingkat pengetahuan diperoleh 80,13% yang berarti kesadaran masyarakat  tentang pengetahuan berkategori baik. Sedangkan untuk kesadaran masyarakat tentang sikap memiliki nilai rata-rata diperoleh 64,29% termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dapat kita simpulkan bahwa pengetahuan masyarakat Gampong Meutia bisa kita katakan baik namun untuk sikap masyarakat Gampong Meutia tentang pemilahan dan pengelolaan sampah masih cukup, hal ini sesuai atau membuktikan bahwa sikap juga dipengaruhi oleh pengetahuan, pengetahuan tentang pengelolaan sampah juga menjadi dasar dalam sikap dalam pengelolaan sampah, yang berarti pengetahuan berpikir memegang peranan penting dalam pembentukan sikap.


 


 


 

Kata kunci : Sampah, Pengelolaan, Pemilahan, Pengetahuan dan Sikap

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sausan Alya Taisir
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2023)
Tanggal disimpan : 22-09-2023 14:01
Terakhir diubah : 09-10-2023 11:02
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4585
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!