UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA LANGSA

RM. Lutfi Kusuma Atmaja (2022), UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Belum efektifnya mutu pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah menengah pertama karena pada dasarnya guru pendidikan jasmani belum dapat melihat karakteristik siswa didiknya yang masih mengikuti naluri alamiahnya yakni bermain pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran penjas khususnya pada materi sepak bola sebagai salah satu cabang yang popular yang terdapat di kurikulum pendidikan baik tingkat SD,SMP,SMA maupun SMK. Penelian ini merupakan penilitian tindakan kelas (classroom action research). Karena penenelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 yang berjumlah 150 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara acak berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan selama dua siklus, hasil seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Sepak Bola Menggunakan Model Pembelajaran Bermain Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 di Kota Langsa pada siklus I melalui model pembelajaran bermain di dapat nilai rata-rata individu sebesar 85 hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran bermain dapat meningkatkan kemampuan passing sepak bola siswa kelas VII SMP Negeri 4 di Kota Langsa.

Kata kunci : Passing, Model Pembelajaran Bermain, Siswa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : RM. Lutfi Kusuma Atmaja
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Jasmani (2022)
Tanggal disimpan : 14-09-2023 13:43
Terakhir diubah : 19-10-2023 09:24
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4546
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!