BANGUNAN PENINGGALAN SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN SEBAGAI PARIWISATA RELIGI

FADHILA (2023), BANGUNAN PENINGGALAN SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN SEBAGAI PARIWISATA RELIGI . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Syekh Abdul Wahab Rokan adalah salah seorang Tokoh Agama Islam  yang terkemuka dan terpandang dizamannya. Tokoh ini lahir 10 Rabiulakhir 1242 H/11 November 1826 M dan  wafat di Babussalam, Langkat, pada hari Jumat, 21 Jamadil awal 1345 H/26 Disember 1926 M. Pada masa hidupnya beliau ada mendirikan salah satunya adalah madrasah yang berkonstruksi kayu berornamen adat kebudayaan Melayu dan beduk kayu yang besar yang kokoh dan utuh, yang keduanya hingga hingga sampai saat ini masih berjalan dan berfungsi sebagaimana sediakalanya.


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peninggalan Bangunan Syekh Abdul Wahab Rokan Sebagai Pariwisata Religi di Babussalam Kabupaten dan Fungsi Bangunan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode sejarah kritis dan teknik analisis kualitatif berdasarkan kepada metode penelitian sejarah dimana proses menguji dan menganalisa dengan cara melakukan observasi dan wawancara.


Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa ada Bangunan peninggalan Syekh Abdul Wahab Rokan sebagai obyek Pariwisata Religi di Babussalam Kabupaten Langkat adalah berupa sebuah madrasah yang terbuat dari konstruksi kayu berornamen adat kebudayaan Melayu yang masih kokoh dan awet hingga sampai saat ini yang berfungsi sebagai tempat sholat, mengaji,  dzikir, wirid dan sebagainya lainnya sedangkan Makam Syekh Abdul Wahab Rokan yang dianggap keramat tersebut yang tertata dengan baik yang terselimuti gedung permanen berornamen masjid yang menutupi makam sedangkan Beduk kayu yang masih aktif dan berfungsi hingga saat ini difungsikan sebagai alat pengingat waktu shalat Lima waktu sebelum azan berkumandang.


Disarankan kepada pengelola Bangunan peninggalan sejarah Syekh Abdul Wahab Rokan, masyarakat, dan pemeritah setempat kiranya tetaplah menjaga dan memilihara dengan baik peninggalan bersejarah ini. Memberikan perhatian dan sumbangsih baik secara material maupun non material agar tetap tegak hingga akhir zaman

Kata kunci : Bangunan Peninggalan Bersejarah, Syekh Abdul Wahab Rokan, Pariwisata Religi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : FADHILA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2023)
Tanggal disimpan : 12-09-2023 11:27
Terakhir diubah : 15-09-2023 09:23
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4520
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!