INVESTIGASI SEBARAN AIR TANAH MENGGUNAKAN METODE VERTICAL ELECTRICAL SOUNDING DI KAWASAN GEDUNG LABORATORIUM PGSD UNIVERSITAS SAMUDRA

MUHAMMAD ALFARISY (2023), INVESTIGASI SEBARAN AIR TANAH MENGGUNAKAN METODE VERTICAL ELECTRICAL SOUNDING DI KAWASAN GEDUNG LABORATORIUM PGSD UNIVERSITAS SAMUDRA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian tentang sebaran air tanah di Kawasan Gedung Laboratorium PGSD Universitas Samudra di Desa Meurandeh, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui struktur lapisan di bawah permukaan serta mengetahui potensi akuifer. Hasil penelitian diidentifikasikan bahwa pada lokasi penelitian didapatkan hasil data dari 2 lintasan pengukuran. Pada lintasan 1 ditemukan struktur lapisan tanah sebanyak 4 lapisan yang terdiri dari pasir dan kerikil kering, pasir dan kerikil, lempung dengan nilai resistivitas sebesar 37-945,9 Ωm. Pendugaan terdapatnya lapisan akuifer tanah pada lapisan yang berada dikedalaman 39,1 m. pada lintasan 2 ditemukan struktur lapisan tanah sebanyak 6 lapisan yang terdiri dari lempung, pasir dan kerikil, batu pasir dengan nilai resistivitas sebesar 28,8-1692 Ωm. Pendugaan terdapatnya lapisan akuifer tanah pada lapisan yang berada di kedalaman 14,1 m. Eksplorasi air di bawah permukaan perlu dilakukan tindak lanjutan untuk dapat memastikan keberadaan air tanah, dimana pada hasil penelitian yang teridentifikasikan bahwa memiliki potensi akuifer untuk menjadi solusi serta pemanfaatan air bersih di kawasan tersebut.

Kata kunci : VES, Air Tanah, Samudra

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MUHAMMAD ALFARISY
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Fisika (2023)
Tanggal disimpan : 12-09-2023 10:42
Terakhir diubah : 12-09-2023 10:42
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4518
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!