EVALUASI SUMBER LEMAK YANG BERBEDA PADA PAKAN TERHADAP PERFORMA PERTUMBUHAN BENIH LOBSTER AIR TAWAR (CHERAX QUADRICARINATUS)

TUMIHARTI (2023), EVALUASI SUMBER LEMAK YANG BERBEDA PADA PAKAN TERHADAP PERFORMA PERTUMBUHAN BENIH LOBSTER AIR TAWAR (CHERAX QUADRICARINATUS). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Cherax quadricarinatus adalah Lobster Air Tawar yang dapat menghuni wilayah perairan menggenang maupun mengalir yaitu pada rawa-rawa, danau, dan sungai yang terdapat tempat untuk berlindung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sumber lemak yang berbeda pada pakan komersil terhadap performa pertumbuhan benih Lobster Air Tawar(Cherax quadricarinatus).Penelitian ini mengunakan medode Ekperimen dengan rancang acak lengkap (RAL) menggunakan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Adapun metode rancangan penelitian yaitu P1 (minyak kelapa), P2 (minyak Jagung), P3 (minyak ikan) , P4 (minyak cumi) dengan dosis 9%/kg pakan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat performa pertumbuhan benih Lobster Air Tawar yang lebih baik dengan menggunakan sumber lemak yang berbeda. Penelitian ini dianalisis dengan uji ANOVA mengunakan Excel dan uji lanjut Duncan mengunakan SPSS. Penelitian ini dilakukan selama 40 hari di kolam percobaan Fakultas pertanian Universitas Samudra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan penambahan sumber lemak yang berbeda pada pakan komersil, berpengaruh nyata (P<0.05). Pertumbuhan berat mutlak tertinggi pada perlakuan minyak cumi yaitu 2,32g dan panjang mutlak tertinggi pada perlakuan minyak kelapa yaitu 1,62g. Laju pertumbuhan berat harian tertinggi terdapat pada perlakuan minyak cumi yaitu 1,35% dan hasil laju pertumbuhan panjang harian tertinggi ada pada perlakuan minyak kelapa yaitu 1,59%. Tingkat kelangsungan hidup (SR) yang terbaik ada pada perlakuan minyak kelapa yaitu 86,66%. Efesiensi pakan yang paling tinggi terdapat pada perlakuan minyak kelapa yaitu 94,49%, nilai efesiensi pakan ini sudah termasuk baik. Kualitas air pada suhu (ºC) sekitar 27,46-27,62ºc, pH sekitar 6,36-6,47, DO sekitar 4,86-5,33ppm dan amonia sekitar 0,19-0,23mg/L.

Kata kunci : Lobster Air Tawar, Sumber Lemak, Minyak Kelapa, Minyak Jagung, Minyak Ikan, Minyak Cumi, Pertumbuhan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : TUMIHARTI
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2023)
Tanggal disimpan : 12-09-2023 08:44
Terakhir diubah : 12-09-2023 08:45
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4511
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!