USULAN PERBAIKAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI UNTUK MEMINIMASI JARAK PERPINDAHAN MATERIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE BLOCPLAN (STUDI KASUS: PKS PTPN 1 TANJUNG SEUMANTOH)

ADHITYA DHARMA PUTRA (2023), USULAN PERBAIKAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI UNTUK MEMINIMASI JARAK PERPINDAHAN MATERIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE BLOCPLAN (STUDI KASUS: PKS PTPN 1 TANJUNG SEUMANTOH) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pabrik Kelapa Sawit PT. Perkebunan Nusantara (PKS PTPN) 1 Tanjung Seumantoh adalah perusahaan yang bergerak dalam pengolahan Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit menjadi Crude Palm Oil (CPO). Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan selama ini yaitu jauhnya jarak perpindahan material dari stasiun kerja yang satu dengan stasiun kerja lainnya, dimana kondisi ini mempengaruhi efesiensi pada PKS PTPN 1 Tanjung Seumantoh.Tujuan dalam penelitian ini adalah Mengetahui jumlah momen perpindahan bahan antar stasiun kerja untuk memperpendek total jarak perpindahan bahan dan Meminimasi jarak antar stasiun kerja berdasarkan alternatif terbaik guna meningkatkan efisiensi perpindahan bahan dengan menggunakan Metode BLOCPLAN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah block layout overview with layout planning (BLOCPLAN). Analisis dilakukan dengan membandingkan total momen perpindahan antara tata letak awal dan tata letak usulan. Total momen perpindahan bahan pada tata letak awal sebelum dilakukan perbaikan tata letak adalah 784 meter perpindahan. Perbaikan tata letak dengan menggunakan metode BLOCPLAN jumlah momen perpindahannya adalah 606,5 meter perpindahan dan meningkatkan efesiensi sebesar 22,64%. Berdasarkan perhitungan perbaikan tata letak fasilitas produksi dengan menggunakan metode BLOCPLAN meminimasi total jarak perpindahan bahan sebesar 222,5 meter dari total jarak perpindahan bahan awal sebesar 544 meter menjadi 321,5 meter.

Kata kunci : Tata letak, BLOCPLAN, Momen Perpindahan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : ADHITYA DHARMA PUTRA
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 12-09-2023 08:03
Terakhir diubah : 12-09-2023 08:04
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4510
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!