APLIKASI MONTMORILLONIT TERAKTIVASI BASA PADA PROSES PURIFIKASI GARAM RAKYAT DI SENTRA PRODUKSI GARAM KABUPATEN ACEH TIMUR

Zessy mutiara (2023), APLIKASI MONTMORILLONIT TERAKTIVASI BASA PADA PROSES PURIFIKASI GARAM RAKYAT DI SENTRA PRODUKSI GARAM KABUPATEN ACEH TIMUR . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Garam rakyat memiliki kualitas yang rendah yaitu kadar natrium klorida (NaCl) rata-rata hanya 85-90%, dan terdapat bahan pengotor seperti magnesium sulfat (MgSO4), kalsium sulfat (CaSO4), magnesium klorida (MgCl2), kalium klorida (KCl) dan pengotor tanah. Penelitian aplikasi montmorillonit teraktivasi basa pada proses purifikasi garam rakyat di sentra produksi garam Kabupaten Aceh Timur telah dilakukan, yang bertujuan untuk mengaktivasi montmorillonit menggunakan aktivator NaOH 1,5 M dan mengetahui efektivitas pemurnian garam menggunakan montmorillonit teraktivasi dengan metode kristalisasi dan purifikasi pada garam rakyat. Sampel dimurnikan dengan montmorillonit teraktivasi NaOH 1,5 M sebagai pengikat impuritis pada proses kristalisasi. Karakterisasi terhadap montmorillonit tanpa aktivasi dan montmorillonit teraktivasi dilakukan menggunakan Fourier Transform Infra Red (FTIR), X-Ray Diffraction (XRD) dan Scanning Electron Microscopy (SEM). Kualitas produk garam hasil pemurnian ditentukan berdasarkan kadar logam Na. Hasil penelitian menggunakan instrumen Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS) menunjukkan bahwa garam rakyat memiliki kadar logam Na 3032,50 ppm dan setelah diaplikasikan dengan montmorillonit teraktivasi NaOH 1,5 M kadar logam Na nya sebanyak 39353,55 ppm.

Kata kunci : Garam rakyat, pemurnian, impuritas, montmorillonit, kristalisasi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Zessy mutiara
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Kimia (2023)
Tanggal disimpan : 08-09-2023 17:09
Terakhir diubah : 11-09-2023 10:57
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4477
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!