EFEKTIVITAS DOSIS EKSTRAK BIJI KARET (HAVEA BRASILIENSI) TERHADAP KEBERHASILAN ANESTESI BENIH IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO)

HUNA SELFIA RANI (2023), EFEKTIVITAS DOSIS EKSTRAK BIJI KARET (HAVEA BRASILIENSI) TERHADAP KEBERHASILAN ANESTESI BENIH IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan koi (Cyprinus carpio) merupakan jenis ikan hias air tawar yang banyak diminati karena ikan koi memiliki pola warna yang menarik. Kegiatan transportasi benih umumnya dilakukan dengan kepadatan yang tinggi dapat mengakibatkan ikan menjadi stres hingga mengalami kematian. Sebelum dilakukan transportasi perlu adanya kegiatan anestesi untuk mengetahui berapa lama ikan tersebut bertahan dengan dosis tertentu. Pengunaan Zat anestesi alami telah banyak digunakan salah satunya yaitu ekstrak biji karet (Havea brasiliensi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas ekstrak biji karet terhadap keberhasilan benih ikan koi. Penelitian dilaksanakan pada bulan januari 2023. Dengan metode penelitian mengunakan Rancangan Acak Lengkap, terdiri dari 4 perlakuan dan 4 ulangan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa semakin tinggi konsentrasi ekstrak biji karet yang diberikan semakin cepat ikan uji pingsan. Sedangkan untuk kelangsungan hidup benih ikan koi pada uji keberhasilan anestesi tertinggi yaitu P1 (kontrol) sebesar 100% dikarenakan pada p1 tidak diberikan perlakuan apapun, dan untuk hasil terendah terdapat pada perlakuan P4 (5ml/L) sebesar 62%.

Kata kunci : Biji Karet, Anestesi, Ikan Koi, Laju Komsumsi Oksigen, Tingkah Laku

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : HUNA SELFIA RANI
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2023)
Tanggal disimpan : 08-09-2023 09:21
Terakhir diubah : 08-09-2023 09:22
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4471
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!