ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL INDUSTRI RUMAH TANGGA TEMPE DI DESA LANDUH KECAMATAN RANTAU KABUPATEN ACEH TAMIANG (STUDI KASUS : USAHA DAGANG TEMPE MAWAR)

NADIRA APRINA (2023), ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL INDUSTRI RUMAH TANGGA TEMPE DI DESA LANDUH KECAMATAN RANTAU KABUPATEN ACEH TAMIANG (STUDI KASUS : USAHA DAGANG TEMPE MAWAR). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis kelayakan finansial industri rumah tangga tempe usaha dagang mawar Bapak Salamun di Desa Landuh Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 1 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Untuk mengetahui kelayakan usaha dagang tempe mawar Bapak Salamun di Desa Landuh Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang dilakukan menggunakan analisis kelayakan yaitu Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), dan Net B/C Ratio. Hasil Penelitian ini memperoleh nilai Net Present Value (NPV) sebesar Rp.281.483.801,- dengan kriteria NPV > 0 maka usaha tersebut layak. Internal Rate of Return (IRR) sebesar 69,5% dengan kriteria IRR > DR (10,5%) maka usaha layak untuk dijalankan. Net B/C sebesar 2,83 dengan kriteria Net B/C > 1 maka usaha layak untuk dijalankan. Dari ketiga perhitungan analisis kelayakan menunjukan hasil usaha dagang tempe mawar Bapak Salamun Layak untuk diusahakan dan dijalankan.

Kata kunci : Kelayakan, Finansial, Usaha Tempe, Industri Rumah Tangga

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : NADIRA APRINA
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 08-09-2023 09:11
Terakhir diubah : 08-09-2023 09:11
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4469
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!