ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA PENGOLAHAN GULA AREN (ARENGA PINNATA) DI DESA AER TENANG KECAMATAN KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG (STUDI KASUS: USAHA PENGOLAHAN GULA AREN BAPAK NAZARUDIN)

ANNISA ZAHWA CAHYANI (2023), ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA PENGOLAHAN GULA AREN (ARENGA PINNATA) DI DESA AER TENANG KECAMATAN KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG (STUDI KASUS: USAHA PENGOLAHAN GULA AREN BAPAK NAZARUDIN). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan finansial dari usaha pengolahan gula aren Bapak Nazarudin. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dan dilakukan di Desa Aer Tenang Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 1 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Untuk mengetahui kelayakan usaha pengolahan gula aren Bapak Nazarudin di Desa Aer Tenang Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang dilakukan menggunakan Analisis Pendapatan dan Analisis Kelayakan Finansial yaitu Net Present Value (NPV), Net Benefit Cost Ratio (Net B/C), Internal Rate of Return (IRR), Dan Payback Period (PP). Hasil penelitian ini memperoleh total biaya produksi sebesar Rp.19.935.000/Tahun. Total pendapatan yang diperoleh sebesar Rp.11.265.000/Tahun, dengan demikian usaha pengolahan gula aren Bapak Nazarudin dinyatakan layak secara finansial. Berdasarkan nilai Net Present Value (NPV) sebesar Rp.26.163.298/Tahun dengan kriteria NPV > 0 maka usaha tersebut layak. Net Benefit Cost Ratio (Net B/C) sebesar Rp.2,63 yang artinya setiap pengeluaran untuk biaya produksi sebesar Rp.1 maka usaha tersebut layak. Internal Rate of Return (IRR) 0,6495 atau 64,95% dengan kriteria IRR > DF 10,5% maka usaha layak untuk dijalankan. Payback period (PP) 1,42 tahun. Dilihat dari sisi kriteria kelayakan investasi PP usaha pengolahan gula aren di Desa Aer Tenang Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang layak untuk dijalankan.

Kata kunci : Gula Aren, Analisis Pendapatan, Analisis Kelayakan Finansial, Usaha Pengolahan Gula Aren Bapak Nazarudin

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : ANNISA ZAHWA CAHYANI
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 08-09-2023 08:22
Terakhir diubah : 08-09-2023 08:23
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4464
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!