IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI BIOLOGI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMA NEGERI 1 KARANG BARU

FARIDA HANUM (2019), IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI BIOLOGI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMA NEGERI 1 KARANG BARU . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Miskonsepsi adalah ketidak sesuaian konsep yang dimiliki oleh siswa dengan konsep para ahli. Berdasarkan hal tersebut miskonsepsi biologi adalah ketidak sesuaian konsep biologi. Yang dimiliki oleh siswa dengan para ahli. Secara garis besar penyebab miskonsepsi dapat dikelompokkan menjadi lima kelompok, yaitu siswa, guru, buku teks, konteks dan metode mengajar. Penyebab yang berasal dari siswa dapat terdiri dari berbagai hal seperti prakonsepsi awal, kemampuan, tahap perkembangan minat, cara berpikir dan teman lain Tujuan penelitian ini Untuk Mengetahui Miskonsepsi SiswaPada Materi Biologi Sistem Peredaran Darah Di SMA Negeri 1 Karang Baru. Untuk mengetahui Materi yang mana yang sering terjadi yang sering terjadi miskonsepsi Pada Materi Biologi Sistem Peredaran Darah Di SMA Negeri 1 Karang Baru Di SMA Negeri 1 Karang Baru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini dengan cara mengumpulkan data jawaban soal essay sebanyak 5 soal yang dibuat oleh peneliti. Adapun yang menjadi variabel penelitian ini terdiri atas dua bagian yaitu variabel bebas adalah miskonsepsi siswa dan yang menjadi variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa Terdapat Miskonsepsi Siswa Pada Materi Biologi Sistem Peredaran Darah Di SMA Negeri 1 Karang Baru. Soal yang sering terjadi yang sering terjadi miskonsepsi Pada Materi Biologi Sistem Peredaran Darah Di SMA Negeri 1 Karang Baru Di SMA Negeri 1 Karang Baru yaitu soal no 1 dan 4 dengan nilai t hitung 2,57 dan nilai miskonsepsi sebesar 0,60 tergolong soal sedang. Bagi guru mata pelajaran Biologi dalam membuat soal perlunya di identifikasi karena dari hasil penelitian telah diketahui terjadi peningkatan hasil belajar. Bagi siswa diharapkan untuk lebih meningkatkan motivasi belajar serta belajar lebih giat dan tekun agar memperoleh prestasi belajar yang baik


Kata kunci : Kata kunci: Miskonsepsi, Sistem Peredaran Darah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : FARIDA HANUM
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2019)
Tanggal disimpan : 28-02-2020 11:03
Terakhir diubah : 28-02-2020 11:03
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=446
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!