UJI AKTIVITAS ANTIDIABETES EKSTRAK METANOL DAUN DADAP (ERYTHRINA VARIEGATA L.) PADA MENCIT (MUS MUSCULUS) SECARA IN VIVO

M. FANI AZHAR (2023), UJI AKTIVITAS ANTIDIABETES EKSTRAK METANOL DAUN DADAP (ERYTHRINA VARIEGATA L.) PADA MENCIT (MUS MUSCULUS) SECARA IN VIVO. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pengobatan diabetes melitus secara medis yang relatif mahal dengan beberapa efek samping obat hipoglikemik oral, membuat tumbuhan herbal mulai menarik perhatian. Salah satu tumbuhan herbal yang dapat dimanfaatkan sebagai antidiabetes adalah daun tumbuhan dadap (Erythrina variegata L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi senyawa metabolit sekunder dalam daun dadap (E. variegata L.) dan mengetahui aktivitas antidiabetes dari ekstrak daun dadap (E. variegata L.) terhadap penyakit diabetes pada hewan uji coba mencit (Mus musculus). Penelitian ini menggunakan 54 ekor mencit jantan dewasa dengan bobot 25-30 g dan dibagi menjadi 6 kelompok perlakuan. Setiap kelompok perlakuan terdiri dari 9 ekor mencit. Keenam kelompok perlakuan tersebut terdiri dari kontrol positif, kontrol negatif serta kelompok uji ekstrak metanol daun dadap (E. variegata L.) dengan variasi konsentrasi 10%, 20%, 30% dan 40%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak metanol daun dadap (E. variegata L.) mengandung senyawa metabolit sekunder golongan alkaloid, steroid, triterpenoid, saponin, flavonoid, tanin dan fenolik. Ekstrak metanol daun dadap (E. variegate L.) secara signifikan mampu menurunkan kadar glukosa darah mencit dengan variasi konsentrasi yang paling efektif yaitu 40% dengan persentase efektivitasnya sebesar 90,57%.

Kata kunci : Diabetes Melitus, Antidiabetes, Dadap (Erythrina variegata L.)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : M. FANI AZHAR
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2023)
Tanggal disimpan : 07-09-2023 08:47
Terakhir diubah : 07-09-2023 08:48
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4451
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!