SISTEM MONITORING KUALITAS AIR LAYAK KONSUMSI BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

SHERLY FEBRIANTI JOHAN (2023), SISTEM MONITORING KUALITAS AIR LAYAK KONSUMSI BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Air merupakan sumber daya yang dibutuhkan untuk perkembangan makhluk hidup. Sering kali masyarakat tidak mengawasi kualitas air dan standarisasi tentang keamanan air minum yang mereka konsumsi. Air dapat dikatakan berkualitas untuk keperluan sehari-hari jika memenuhi beberapa syarat, termasuk diantaranya adalah pH air (6,5 – 8,5), kekeruhan air (25 Nephelometric Turbidity Unit) dan suhu air (±3 °C suhu udara). Oleh karena itu dalam penelitian ini dengan teknologi internet of thing sistem dapat memonitor ketiga parameter kualitas air tersebut. Sampel air diambil dari 5 jenis sumber air yaitu air sumur terlindungi, air sumur tak terlindungi, air isi ulang, air ledeng, dan air minuman kemasan yang ada di Kecamatan Manyak Payed dan pengujian dilakukan sebanyak 2 kali terhadap 15 sampel air. Hasil perhitungan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan data hasil pengujian dari 15 sampel air, maka didapatkan kualitas air pertama yaitu A3 = sampel air sumur terlindungi Desa Bukit Panjang Dua dan kualitas air kelima belas yaitu A7 = sampel air sumur tak terlindungi Desa Simpang Lhee serta dua sampel air yang mendapatkan perankingan yang sama yaitu A5 = sampel air isi ulang Desa Sampaimah dan A6 = sampel air isi ulang Desa Ie Bintah. Hasil pengujian pada sistem mendapatkan tingkat konsistensi pada sensor pH air sebesar 60%, tingkat konsistensi pada sensor kekeruhan air 73%, tingkat konsistensi pada sensor suhu air 66%, nilai persentase kesalahan rata-rata secara multak pada sensor pH air sebesar 2,394% dan mendapatkan nilai persentase kesalahan rata-rata secara multak pada sensor suhu air sebesar 0,462%.

Kata kunci : Kualitas Air, Internet Of Things, PH Air, Kekeruhan Air, Suhu Air

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : SHERLY FEBRIANTI JOHAN
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Informatika (2023)
Tanggal disimpan : 07-09-2023 08:32
Terakhir diubah : 07-09-2023 08:33
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4449
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!