HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DENGAN KETEPATAN SMASH PENUH DALAM PERMAINAN BULU TANGKIS CLUB PUNCAK TIMUR KOTA LANGSA

WILLY ANGGARA DINATA (2023), HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DENGAN KETEPATAN SMASH PENUH DALAM PERMAINAN BULU TANGKIS CLUB PUNCAK TIMUR KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pukulan smash merupakan pukulan yang dominan dilakukan setiap pemain. Rata-rata dalam waktu in play pemain melakukan 3-6 kali pukulan smash untuk berusaha mematikan lawan. Pemain dalam club ini sendiri masih kesulitan dalam melakukan pukulan smash yang sesuai dengan harapan. Maka dalam penelitian ini smash penuh yang kuat, apakah mempunyai ketepatan juga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Kelentukan Pergelangan Tangan Terhadap Ketepatan Smash Penuh dalam Permainan Bulu Tangkis Club Puncak Timur Kota Langsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional yang menghubungkan antara kekuatan otot lengan dan kelentukan pergelangan tangan dengan ketepatan smash penuh dalam permainan bulutangkis di club Puncak Timur Kota Langsa. Sampel dalam penelitian ini yaitu 20 orang. Dari hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa ada hubungan signifikan antara kekuatan otot lengan dengan ketepatan smash penuh pada pemain bulu tangkis PB. Puncak Timur Langsa dapat dilihat dari t hitung ≥ t tabel atau 1,869 ≥ 1,734. Ada hubungan signifikan antara kelentukan pergelangan tangan dengan ketepatan smash penuh pada pemain bulu tangkis PB. Puncak Timur Langsa dapat dilihat dari t hitung ≥ t tabel atau 2,196 ≥ 1,734. Ada hubungan signifikan antara kekuatan otot lengan dan kelentukan pergelangan tangan dengan ketepatan smash penuh pada pemain bulu tangkis PB. Puncak Timur Langsa dapat dilihat dari F hitung ≥ F tabel atau 16,28 ≥ 3,35.

Kata kunci : Kekuatan Otot Lengan, Kelentukan Pergelangan Tangan, Smash

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : WILLY ANGGARA DINATA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Jasmani (2023)
Tanggal disimpan : 05-09-2023 10:40
Terakhir diubah : 11-09-2023 11:54
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4437
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!