Pencarian
KEMAMPUAN KELANCARAN PROSEDURAL MATEMATIS PADA PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS ) DI MAN 1 LANGSA
MOHAMMAD RIDHO TARIGAN (2023),
KEMAMPUAN KELANCARAN PROSEDURAL MATEMATIS PADA PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS ) DI MAN 1 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.
ABSTRAK
Kemampuan kelancaran prosedural matematis merupakan salah satu aspek terpenting dalam belajar matematika. Namun pada fakta di lapangan terdapat rata-rata siswa masih memiliki kemampuan kelancaran prosedural matematis yang rendah. Sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan kelancaran prosedural matematis pada pemecahan masalah melalui model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih baik dibandingkan dengan kemampuan kelancaran procedural matematis pada pemecahan masalah menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas XI MAN 1 Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIA 1 yang berjumlah 17 siswa sebagai kelas kontrol dan XI-MIA 2 yang berjumlah 17 siswa sebagai kelas eksperimen tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes akhir, tes akhir diberikan untuk melihat kelancaran prosedural matematis siswa setelah belajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada materi program linear. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel atau 2,703 > 1,694 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan prosedural matematis pada pemecahan masalah melalui model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih baik dibandingkan dengan kemampuan prosedural matematis siswa menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas XI MAN 1 Langsa
Kata kunci : Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Prosedural MatematisFile ::(login required)
Tipe Items | : Skripsi |
Penulis/Penyusun | : MOHAMMAD RIDHO TARIGAN |
Fakultas | : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Program.Studi | : Pendidikan Matematika (2023) |
Tanggal disimpan | : 04-09-2023 11:10 |
Terakhir diubah | : 04-09-2023 11:11 |
Penerbit | : Langsa, Universitas Samudra, 2023 |
URI | : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4422 |
Root | : https://www.unsam.ac.id |