UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA MELALUI VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 LANGSA

Muhammad faisal (2023), UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA MELALUI VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Dimasa peralihan sekolah akibat covid -19 yang mana sebelum nya sekolah menerapkan pembelajaran daring dan sekarang sudah kembali luring, banyak peserta didik yang mengalami penurunan nilai pembelajaran dan beberapa peserta didik mengalami penurunan ketertarikan terhadap pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan rekreasi. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui pencapaian hasil belajar Passing sepak bola dengan variasi media pembelajaran pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Langsa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Action Research) model Kemmis dan Taggart. Instrumen pengumpulan dalam penelitian ini terdiri dari test unjuk kerja, observasi  dan catatan lapangan. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan berupa suatu siklus atau daur ulang berbentuk spiral (a spiral of steps) yang setiap langkahnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Langsa. Penentuan sampel menggunakan  purposive sampling. Maka, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 6 berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 20 siswa putri dan 14 siswa putra. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.  Hasil peneltian menunjukan bahwa Peningkatan keterampilan passing kaki bagian dalam dapat dilihat dari nilai pada siklus I sampai siklus II. Pada siklus I nilai ketuntasannya adalah 76%, dan pada siklus II menjadi 94%. Nilai rata-rata ketrampilan passing kaki bagian dalam juga meningkat, yaitu pada siklus I adalah 77, pada siklus II menjadi 88. Data tersebut menunjukkan peningkatan ketrampilan passing kaki bagian dalam prasiklus sampai dengan siklus dua. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan penelitian sudah berhasil dengan baik, sesuai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan  80%.  Bedasarkan hasil penelitian, peneliti ingin memberikan saran yaitu  diharapkan kepada siswa untuk senantiasa aktif dalam mengikuti pembelajaran.


 


 


 

Kata kunci : variasi media pembelajaran sepak bola, keterampilan passing sepak bola

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muhammad faisal
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Jasmani (2023)
Tanggal disimpan : 01-09-2023 16:15
Terakhir diubah : 18-09-2023 14:22
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4419
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!