PENGARUH LATIHAN PASSING BERPASANGAN TERHADAP KETEPATAN PASSING KAKI BAGIAN DALAM DI SEKOLAH SEPAK BOLA GARDA TAMIANG USIA 16-19 TAHUN

Rahmat Syahpitra (2022), PENGARUH LATIHAN PASSING BERPASANGAN TERHADAP KETEPATAN PASSING KAKI BAGIAN DALAM DI SEKOLAH SEPAK BOLA GARDA TAMIANG USIA 16-19 TAHUN . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Teknik yang sangat dominan dalam permainan sepak bola adalah passing. Untuk meningkatkan ketepatan passing dilakukan dengan latihan passing secara terus menerus. Latihan passing berpasangan arah tetap adalah bentuk latihan passing yang diakukan dalam jarak tertentu, yaitu 10 meter dengan posisi saling berhadapan dengan satu bola dan passing secara bergantian dengan pasangannya. Latihan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan keterampian passing sekaligus untuk meningkatkan kemampuan kontrol bola dari pemain yang melakukannya. Latihan ini dapat menunjang kemampuan pemain dalam ball feeling ketika akan mengoper bola kepada rekannya, sejauh mana kekuatan passing yang akan dilakukan dengan jarak yang ada. Keuntungan dari latihan ini sangat mudah dilakukan karena tiap pemain hanya mengarahkan bola yang akan di passing kepada rekan yang selalu lurus berada di hadapannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Latihan Passing Berpasangan Terhadap Ketepatan Passing Kaki Bagian Dalam Sekolah Sepak Bola Garda Tamiang Usia 16-19 Tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimen design dengan jumlah sampel sebanyak 30 pemain sepak bola SSB Garda Tamiang. Hasil penelitian menunjukan ada Pengaruh Latihan Passing Berpasangan Terhadap Ketepatan Passing Kaki Bagian Dalam Sekolah Sepak Bola Garda Tamiang Usia 16-19 Tahun. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung ≥ t tabel yaitu 6,76> 1,679 pada taraf signifikansi α = 0,05. Model latihan passing berpasangan cocok digunakan untuk pemain usia muda. Keuntungan dari latihan ini adalah meningkatkan ketepatan passing dengan latihan menggunakan sasaran, dimana sasarannya tidak hanya tetap tapi juga berubah. Sehingga pemain tidak terfokus pada sasaran disatu tempat saja. Serta dalam latihan ini dapat meningkatkan konsentrasi dan ketenangan pemain saat melakukan passing sekaligus meningkatkan koordinasi antara kaki dan mata.

Kata kunci : Pengaruh, Passing Berpasangan, Ketepatan Passing

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rahmat Syahpitra
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Jasmani (2022)
Tanggal disimpan : 01-09-2023 15:46
Terakhir diubah : 01-09-2023 18:27
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4418
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!