ANALISIS STRUKTUR BIAYA PRODUKSI DAN KESENJANGAN PENDAPATAN PETANI AKIBAT FLUKTUASI HARGA MINYAK NILAM DI KECAMATAN PANGA KABUPATEN ACEH JAYA

NURAISYAH (2023), ANALISIS STRUKTUR BIAYA PRODUKSI DAN KESENJANGAN PENDAPATAN PETANI AKIBAT FLUKTUASI HARGA MINYAK NILAM DI KECAMATAN PANGA KABUPATEN ACEH JAYA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Nilam Aceh memiliki kadar minyak atsiri lebih tinggi dari jenis nilam lainnya, namun produksi dan produktivitas nilam semakin menurun akibat fluktuasi harga minyak nilam dan berpengaruh terhadap pendapatan petani. Penelitian bertujuan untuk menganalisis struktur biaya produksi dan kesenjangan pendapatan petani akibat fluktuasi harga minyak nilam. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan explanatory research. Lokasi penelitian di Propinsi Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur biaya produksi nilam ditingkat petani terdiri dari biaya usahatani nilam dan penyulingan minyak nilam. Kualitas minyak tidak terstandarisasi yang menyebabkan terjadinya fluktuasi harga minyak nilam. Penerimaan petani nilam Aceh berkisar Rp. 182.407.407/Produksi per hektar dan harga minyak nilam berkisar Rp 500.000/kg. Rata-rata biaya produksi sebesar Rp. 135.706.546/Produksi dan pendapatan petani sebesar Rp. 46.700.861 per hektar. Kesenjangan pendapatan petani berimplikasi pada pola produksi dan produktivitas nilam Aceh.

Kata kunci : Struktur Biaya Produksi, Pendapatan, Harga, Nilam, Minyak

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : NURAISYAH
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 28-08-2023 10:34
Terakhir diubah : 28-08-2023 10:45
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4379
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!