PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTICHAL HIERARCHY PROCESS (FAHP) (STUDI KASUS: UKM TERASI ASLI B.AGAM, GAMPONG LHEE, KOTA LANGSA)

FAJRIANI (2023), PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTICHAL HIERARCHY PROCESS (FAHP) (STUDI KASUS: UKM TERASI ASLI B.AGAM, GAMPONG LHEE, KOTA LANGSA). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

UKM Terasi Asli B.Agam adalah salah satu UKM di Kota Langsa yang beralamat di Gampong Simpang Lhee Kota Langsa, merupakan usaha kecil menengah yang bergerak dibidang pengolahan terasi. Masalah yang dialami adalah sulitnya memperoleh bahan baku yang sesuai spesifikasi yang diinginkan, dan terdapat kendala keterlambatan pengiriman bahan baku dari supplier yang mengakibatkan keterlambatan pengiriman terasi ke konsumen. UKM Terasi Asli B.Agam memiliki 3 supplier yang memasok bahan baku. Adapun tujuan penelitian ini adalah menentukan kriteria supplier bahan baku dan mengukur kinerja supplier di UKM Terasi Asli B.Agam. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam penelitian ini adalah metode Fuzzy Analytichal Hierarchy Process (FAHP). Kriteria pemilihan supplier dalam penelitian ini adalah kualitas udang, pengiriman, harga, sistem komunikasi, pelayanan supplier, lokasi supplier, ketersediaan bahan baku dan riwayat kinerja. Hasil penelitian dengan menggunakan metode Fuzzy Analytichal Hierarchy Process didapatkan supplier yang memiliki kinerja paling tinggi adalah supplier 1 dengan nilai (0.396), diikuti pleh supplier 3 (0.382) dan supplier 2 sebesar (0.222). Dari hasil tersebut supplier 1 merupakan supplier terbaik untuk bahan baku pada UKM Terasi Asli B.Agam.

Kata kunci : Udang Rebon, Kriteria Pemilihan Supplier, Fuzzy AHP

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : FAJRIANI
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 25-08-2023 15:42
Terakhir diubah : 28-08-2023 10:57
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4372
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!